Motor Paling "Beringas" Yamaha Meluncur di Indonesia

Sabtu, 22 Agustus 2015 | 21:19 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Generasi terbaru Yamaha YZF-R1 resmi meluncur di Indonesia.

Tangerang, KompasOtomotif — Generasi terbaru model paling bertenaga Yamaha, YZF-R1, dan versi spesialnya, YZF-R1M, resmi mengaspal di Indonesia dari lantai Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Sabtu (22/8/2015). Mengusung konsep pengembangan baru, kini R1 lebih bersinergi dengan teknologi MotoGP dibantu Valentino Rossi.

Inti perubahan R1 ada pada perbaikan mesin, pengurangan bobot, dan tambahan fitur-fitur. R1 dijual Rp 495 juta tersedia dua warna, Race Blue dan Race Red. Sedangkan R1M dibanderol Rp 645 juta hanya untuk warna Silver Blue Carbon.

R1 tetap menggunakan mesin 998 cc seperti sebelumnya, tetapi ukuran bore diubah lebih tinggi menjadi 79 mm, sedangkan stroke diperkecil hingga 50,9 mm. Hasilnya, ruang bakar semakin besar. Seiring dengan itu, kompresi mesin juga semakin tinggi, menjadi13:1, sebelumnya 12,7:1.

Febri Ardani/KompasOtomotif Yamaha YZF-R1M.
Tenaga puncak naik 18 PS ke 200 PS. Performa didukung bobot ringan, yaitu 199 kg buat R1 dan 200 kg untuk R1M. Fitur-fitur yang kini jadi standar yaitu Quick Shift System, Power Delivery Mode, Traction Control System, Slide Control System, Lift Control System, dan Launch Control System.

Vice President Director Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Dyonisius Betty mengatakan, hanya dengan uang tanda jadi Rp 10 juta, konsumen sudah bisa memesan unit R1 yang diimpor dari Jepang. "Tadinya saya pikir enggak laku karena harganya begitu mahal, tapi seperti penjelasan spesifikasi, harganya layak. Uang tanda jadi akan kita tampung, kira-kira tiga bulan lagi barangnya datang," ujar Dyon.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian