Sepeda Motor ”Adventure” dan Retro Murah Merek Lokal

Sabtu, 22 Agustus 2015 | 14:37 WIB
KompasOtomotif-Donny Apriliananda Soib Adventure, model petualangan merek lokal dengan teknologi dari Perancis.

Jakarta, KompasOtomotif — PT Hobby Motor Indonesia (HBMI) memperkenalkan Soib Motors, merek sepeda motor lokal, memanfaatkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, Sabtu (22/8/2015). Dua model sekaligus menandai peluncuran kembali merek ini, dan langsung bermain di segmen adventure sekaligus retro.

Soib Adventure didedikasikan untuk para petualang yang menginginkan sepeda motor untuk touring sekaligus menjelajah berbagai tipe medan. Kombinasi mesin tangguh 400 cc yang diimpor langsung dari Perancis dan harga yang terjangkau membuat HBMI yakin bahwa model ini mampu bersaing.

Model kedua adalah Soib Racer, mengadopsi gaya sepeda motor era 1970-1980-an. Ini adalah salah satu jawaban HBMI untuk memenuhi permintaan konsumen Indonesia yang semakin doyan kembali ke masa lalu dengan mengendarai tunggangan bertampang retro.

”Kami memutuskan untuk ikut IIMS 2015 agar merek kami semakin dikenal dan dipercaya. Kita tidak berbicara sepeda motor nasional, tapi yang penting merek lokal dulu. Hampir semua komponen kami impor dari Perancis, perakitannya di pabrik kami di Bogor,” ujar Michael Sofyan, Direktur HBMI, di booth SOIB Motors Hall B JI Expo, Kemayoran, Sabtu.

Dua sepeda motor yang diluncurkan masih mengadopsi teknologi pencampuran bahan bakar karburator. Namun, Michael mengklaim  bahwadua produknya sudah lulus uji emisi Euro3. Soib Adventure dibanderol Rp 82 juta, sedangkan Soib Racer dihargai Rp 65 juta. Semua harga berstatus on the road.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Agung Kurniawan