Baca Ini Sebelum Mampir ke GIIAS

Sabtu, 22 Agustus 2015 | 10:49 WIB
Rodrick Adrian Moses/Kompas.com Biasa menggoda lensa untuk mengabadikan foto.


Jakarta, KompasOtomotif – Jangan bilang penggemar otomotif kalau belum datang ke hajatan pelaku industri terbesar se-Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Eksebisi ini merupakan tolok ukur perkembangan dalam negeri, jadi kalau tidak mau kehabisan bahan perbincangan otomotif, baiknya jangan lewatkan GIIAS.

GIIAS diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), di Tangerang Selatan, selama 20 Agustus – 30 Agustus 2015. Buat pengunjung dari Jakarta, bisa datang ke lokasi menggunakan roda empat melewati jalur tol BSD atau Alam Sutera. Jangan khawatir, ICE juga bisa disambangi menggunakan roda dua namun lebih nyaman memanfaatkan bus ulang-alik.

Total luas area pamer di ICE 91.577 m2, terbagi menjadi 10 hall yang ditempati 34 merek kendaraan dan ratusan elemen pendukung industri. Lahan parkir roda empat sangat luas, kendaraan bisa diistirahatkan di lantai bawah seperti roda dua atau di sekitar area luas di dekat Hall 10. Selain itu, penyelenggara juga sudah menyediakan beberapa kantong parkir di luar ICE.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Pameran otomotif nasional di ICE, BSD, Tangerang Selatan

Bila belum punya tanpa pengenal dengan barcode GIIAS, Anda bisa masuk ke area pameran dengan membeli tiket terlebih dulu. Ada enam tempat penjualan tiket, di pintu hall 1, pintu hall 3A, pintu hall 10, dan tiga sisanya di lantai bawah (parkiran).

Di hari Senin – Kamis GIIAS buka pukul 11.00 hingga 21.00 WIB, harga tiket Rp 40.000. Hari Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, harga tiket lebih mahal, Rp 60.000, tapi acara dibuka lebih awal 10.00 hingga 21.00 WIB.

Suasana

Pengunjung yang masuk dari hall 1 akan disambut dengan lebih dari 270 eksibitor di area industri. ICE tidak punya hall 4, jadi kalau terus berjalan dari hall 1 Anda akan menemukan hall 2, 3, dan 3A. Jika berjalan di ketiga hall itu, kita akan merasa lebih kecil sebab sudah masuk ke sektor mobil-mobil komersial. Truk besar dan banyak kendaraan kerja dipamerkan dan menjadi bukti pasar komersial masih bertahan ketika ditekan menurunnya sektor pertambangan.

Berlanjut, tepat di tengah seluruh area pamer menjadi tempat BMW dan MINI. Lokasi merek di bawah BMW Group Indonesia itu tepat di depan ruang peresmian pembukaan GIIAS oleh Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla.

Terus berjalan mengarah ke hall 10, pengunjung akan disuguhkan merek-merek mobil penumpang. Di area inilah tersedia banyak mobil konsep, mobil baru, promosi, diskon, dan banyak hal lainnya. Selain itu, pengunjung juga bisa mengunjungi lokasi test drive, foodhall, pamer modifikasi, di sekitar gedung pamer.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian