Nissan X-Trail Ultimate Bisa Jadi Varian Tetap

Kamis, 20 Agustus 2015 | 09:30 WIB
Donny/Kompas.com Sosok SUV menengah andalan Nissan tampil ful "spek" dijual terbatas, hanya enam unit.


Jakarta, KompasOtomotif - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memutuskan untuk sementara ini memberi status X-Trail Ultimate sebagai edisi terbatas. Namun tidak menutup kemungkinan, produk yang diluncurkan di Indonesia International Motor Show (IIMS), Rabu (19/8/2015) itu akan punya status sebagai "varian tetap".

Budi Nur Mukmin, GM Strategi Pemasaran NMI usai peluncuran di Hall A JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, mengatakan bahwa X-Trail Ultimate masih berstatus sebagai edisi terbatas untuk tes pasar.

"Jika memang banyak peminat, kami tentu akan mempertimbangkan untuk menjadikannya varian tambahan dan tetap. Hanya 86 unit untuk saat ini, dan saya yakin akan habis cepat," ujar Budi.

X-Trail Ultimate mengakomodasi konsumen yang menginginkan fitur lebih lengkap. Semua fitur tambahan mulai body kit hingga sistem hiburan yang lebih advance ternyata implementasi dari hasil survei kepada konsumen.

Di segmennya, X-Trail memang lebih banyak laku untuk tipe paling atas yang dibanderol Rp 430 jutaan (2.5L CVT). Sumbangsihnya bisa lebih dari 60 persen. Di bawahnya ada tipe 2.0L CVT 30 persen. Sisanya, varian terbawah.

"Varian terbawah memang kurang laku. Konsumen di kelas ini lebih ingin gengsi dan fitur yang lengkap. Tipe Ultimate dengan harga Rp 457,1 juta beda cukup banyak dengan tipe 2.5L CVT. Makanya kami akan mempelajari lebih lanjut, berhati-hati memasang strategi, sebelum tipe Ultimate dijadikan varian tetap," kata Budi.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian