Bocor Juga Foto Mesin 1.5L Honda BR-V

Rabu, 19 Agustus 2015 | 18:55 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Mesin 1.5L Honda BR-V.

Jakarta, KompasOtomotif Bocoran foto Honda BR-V bukan hanya bodi, melainkan juga mesin. PT Honda Prospect Motor (HPM) pernah mengatakan, crossover baru ini menggunakan mesin 1.5L berteknologi Earth Dreams, yang kini penampilan sesungguhnya bisa terlihat.

Pada penutup mesin bisa terlihat logo i-VTEC (Inteligent-Variable Valve Timing and Lift Electronic Control). Artinya, mesin BR-V memiliki teknologi elektronik bukaan katup tergantung kecepatan. Katup akan terbuka sedikit saat kerja mesin tidak terlalu tinggi, tetapi akan terbuka lebar ketika dipacu untuk berakselerasi.

Febri Ardani/KompasOtomotif Wajah asli Honda BR-V terekam kamera.
Fungsi itu untuk efisiensi bahan bakar. HPM juga telah mengungkapkan, BR-V memiliki dua pilihan transmisi, yaitu manual 6-percepatan dan CVT (continuously variable transmission). Kedua transmisi itu telah digunakan pada HR-V. Selain itu, CVT juga dipakai MPV Mobilio.

BR-V merupakan singkatan dari Bold Runabout Vehicle. Model yang akan menjalani debut di Indonesia untuk global di salah satu pameran otomotif di Tangerang Selatan ini dirancang Honda R&D Asia Pasific Co., Ltd di Thailand dan Honda R&D Indonesia. Rencananya, BR-V akan diperkenalkan pertama kali pada 20 Agustus 2015.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian