Wapres Tekankan Pengembangan Alat Transportasi Massal

Rabu, 19 Agustus 2015 | 12:19 WIB
Roderick Adrian Mozes/Kompas.com Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla usai membuka IIMS 2015


Jakarta, KompasOtomotif - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) mengatakan, industri otomotif begitu penting karena menandakan kemajuan suatu negara. Tapi, JK juga menegaskan bahwa negara maju ditandai dengan berkembangnya alat transportasi massal.

"Tolak ukur suatu negara maju dari masing-masing negara itu berbeda-beda. Tapi yang paling utama adalah majunya industri otomotif dan juga alat transportasi massal," ujar JK dalam acara Opening Ceremony IIMS 2015 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2015).

Meski alat transportasi massal di Indonesia sudah bagus, produsen otomotif jangan khawatir karena konsumsi masyarakat akan kendaraan pribadi (motor dan mobil) akan tetap tumbuh. Apalagi di daerah pedesaan yang masih membutuhkan alat transportasi pribadi.

"Di suatu daerah daya beli masyarakat akan kendaraan pribadi akan tetap tinggi meski nanti alat transportasi massal di Indonesia sudah berkembang," kata JK.

Lanjut JK, industri otomotif Indonesia belakangan ini terus berkembang pesat. Roda empat setiap tahunnya mengalami peningkatan penjualan yang terus tinggi, bahkan sudah berhasil unggul dari Thailand.

"Kedepannya diharapkan bisa lebih baik lagi. Tapi alat transportasi massalnya juga harus lebih baik lagi kedepannya," tutup Kalla.

Penulis : Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian