Wapres: Indonesia Hebat Bisa Punya 2 Pameran Otomotif

Rabu, 19 Agustus 2015 | 10:56 WIB
Stanly Ravel/Otomania Pembukaan IIMS 2015 oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla


Jakarta, KompasOtomotif — Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) secara resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya, JK mengatakan, otomotif merupakan industri yang sangat penting di Indonesia.

"Kalau 10 tahun lalu, mudik menunggu di stasiun, dua tahun lalu berubah dengan sepeda motor dan tahun ini mobil. Itu artinya terjadi pergeseran kemampuan dari masyarakat Indonesia. Maka dari itu, wajar industri otomotif menjadi industri yang sangat penting," ujar JK dalam acara Opening Ceremony IIMS 2015 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2015).

JK melanjutkan, industri otomotif itu memiliki suatu keterlibatan dengan vendor yang sangat banyak. Di Indonesia, baru ratusan yang akan melengkapi industri otomotif nasional. Namun, ke depannya, seiring dengan berkembangnya industri otomotif, vendor itu semakin berkembang.

"Kita memiliki prestasi yang cukup baik dalam hal industri otomotif, dulu Thailand unggul. Sekarang Indonesia berhasil unggul dari Thailand dan harus dipertahankan sampai seterusnya," tambah JK.

Tak hanya itu, JK juga mengatakan, dalam kondisi ekonomi seperti sekarang ini, Indonesia cukup hebat bisa mengadakan pameran otomotif seperti IIMS. Bahkan, JK melanjutkan, sampai ada dua pameran sekaligus dalam waktu bersamaan.

"Tadi Ketua DPR (Setya Novanto) bilang, hebat juga dalam keadaan sulit seperti ini bikin dua pameran. Tapi bagaimanapun, pameran otomotif itu sangat penting," kata Kalla.

Penulis : Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian