Monster Ganas Terbaru Yamaha Siap Bertarung di Indonesia

Sabtu, 15 Agustus 2015 | 09:14 WIB
Gizmag Performa jauh meningkat ketimbang model lama.

Jakarta, KompasOtomotif – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) siap melakukan show-off model baru yang masuk di kategori completely built-up (CBU). Tidak ada informasi resmi, namun Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM hanya menyebut bahwa model baru tersebut adalah sport ber-fairing.

Tebakan KompasOtomotif mengarah ke duet Yamaha R1 dan R1M. Inilah ”monster” Yamaha terbaru yang akan menjadi model flagship dan melengkapi jajaran big bike CBU Yamaha di Indonesia. Tanda-tandanya, YIMM sudah melakukan uji atau test ride tertutup di Sirkuit Sentul, Bogor, belum lama ini.

Model baru CBU Yamaha ini akan tampil di pameran otomotif yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, 20-30 Agustus 2015. ”Yang jelas ada rilis model baru. CBU, sport, fairing. Kami memilih lokasi itu karena sesuai dengan image dan daerahnya dengan kelas lebih tinggi,” kata Masykur.

Masykur memang tidak mengiyakan dan tidak menampik jika R1 serta R1M akan meluncur. Namun dirinya sudah membocorkan bahwa jatah untuk Indonesia hanya ada puluhan unit. Lima di antaranya positif sudah laku.

Versi baru mesin 998 cc crossplane 4-silinder segaris R1 diklaim punya tenaga 200 tk dengan bobot 199 kg (posisi full tank). Angka tersebut berarti 18 tk lebih banyak dan 7 kg lebih ringan ketimbang R1 lama. Kombinasi itu memberikan power-to-weight ratio lebih dari 1 tk/kg, menjadikannya sebagai salah satu sepeda motor terbaik di pasaran.

Sementara itu, di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang diselenggarakan di JI Expo Kemayoran, 20-30 Agustsu 2015, Yamaha akan menampilkan berbagai model yang diproduksi lokal. Berbagai program promosi disiapkan, termasuk banyak kejutan untuk para pengunjung yang beruntung.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian