Mesin Ngelitik Pada RPM Rendah, Apa Sebabnya?

Kamis, 13 Agustus 2015 | 17:47 WIB
KompasOtomotif-Donny Apriliananda Suara mesin saat dideteksi dengan alat khusus yang mengenali abnormal noise.

Jakarta, KompasOtomotif – Banyak pengguna mobil yang kurang menyadari penyakit kecil yang kerap ditemui sehari-hari. Padahal, beberapa kasus penyakit kecil jika dibiarkan akibatnya cukup fatal. Salah satu di antaranya suara knocking (ngelitik).

Menurut Rusdi Sopiandi, pemilik bengkel Fendryss, spesialis mobil Korea yang juga menerima merek lain di Jl. Raya Pondok Kelapa, Jakarta Timur, (10/8/2015), ngelitik dibagi menjadi dua sesuai putaran mesin (RPM), Yakni di RPM rendah dan RPM tinggi. Kasus pertama yang dibahas adalah ngelitik pada RPM rendah.

”Cara mengetahui gejalanya, coba tarik gas, lalu lepas secara tiba-tiba, maka mesin akan terasa ngelitik pada saat putaran mesin terendah. Penyebabnya, udara yang masuk (ke ruang bakar) terlalu sedikit,” kata Rusdi kepada KompasOtomotif.

Lalu, mengapa udara yang masuk sedikit? Berikut analisa penyebabnya:

1. Terlalu banyaknya karbon yang menumpuk pada intake manifold sehingga menghambat udara yang masuk. Ini bisa diatasi dengan membersihkan daerah intake manifold dengan carbon cleaner.

2. Filter udara sudah kotor sehingga menghambat aliran udara dari luar.

3. Sensor ISC atau Idle up mesin mobil bermasalah. Sensor ini berguna pada saat mesin terasa berat bila AC dinyalakan. Keran udara pada ISC akan menyeimbangi secara otomatis kebutuhan udara pada mesin bila saat mesin terasa berat. Kalau sensor ini sudah tertutup dengan karbon, maka laju udara yang masuk juga akan terhambat.

4. Setelan pengapian terlalu rendah, juga bisa menjadi penyebab mesin mobil ngelitik pada putaran RPM rendah. Untuk mobil dengan pengapian non distributor biasanya sudah menggunakan sensor CKP (Crankshaft Position Sensor) dan CMP (Camshaft Position Sensor ), kerusakan pada 2 sensor ini bisa menyebabkan mesin mobil tidak bisa hidup.

Selanjutnya, KompasOtomotif akan membahas penyebab dan solusi saat mobil ngelitik di putaran mesin (RPM) tinggi.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian