Tampil di IIMS, Mobil Nasional Terima Kesempatan Kedua

Kamis, 13 Agustus 2015 | 17:11 WIB
KompasOtomotif-Donny Mobil nasional Indonesia Komodo


Jakarta, KompasOtomotif – Produsen mobil nasional (mobnas) kerap menjadi pemain kedua bila tampil di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS). Mobil nasional pasti kalah gemerlap dibanding produsen Jepang, Korea Selatan, Eropa dan Amerika Serikat (AS) yang tampil mewah.

Tapi di IIMS tahun ini, pihak penyelenggara Dyandra Promosindo kembali merangkul produsen mobnas untuk ikut serta memamerkan hasil karyanya. Bahkan, diberikan fasilitas yang jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dewa Yuniardi, Marketing PT Fin Komodo Teknologi (FKT) sekaligus mewakili Asosiasi Industri Otomotif Nasional membeberkan, Dyandra menjanjikan tempat yang luas, khusus dan booth istimewa untuk produsen otomotif nasional.

“Kami sebenarnya tidak masalah mau dibuatkan kecil atau besar. Tapi dulu kami pernah tidak ikut karena sempat ada omongan yang tidak enak didengar. Tapi sekarang ditawarkan untuk ikut lagi dan kami terima, kita tidak sakit hati,” ungkap Dewa saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (13/8/2015).

Menurut Dewa, pihaknya sadar akan kemampuan dan kapasitasnya yang masih kecil jika dibandingkan dengan produsen otomotif sekaliber Toyota, Honda dan lain sebagainya. Tapi seharusnya, pemerintah dan orang Indonesia menghargai para produsen mobnas yang ada.

“Hanya kami merasa di negeri sendiri diperlakukan seperti ini. Merasa tidak dihargai di negeri sendiri,” keluh Dewa.

Lanjut Dewa, tidak semua pihak mencemooh produsen mobnas, tapi ada juga yang ingin mendukungnya. Buktinya, produsen mobnas selalu eksis di pameran-pameran yang diselenggarakan oleh event organizer lain, seperti GEM dan terakhir mengikuti pameran di ICE, BSD City, Tangerang Selatan.

“Mereka memberikan fasilitas baik kepada kami saat mengikuti pameran. Tapi IIMS sekarang, kami tetap dukung, karena melihat mereka ada niat untuk mengangkat produk Indonesia, salah satunya kami,” pungkasnya.

Penulis : Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian