Trik Jitu Memilih Mobkas yang Tepat

Jumat, 7 Agustus 2015 | 08:15 WIB
Donny Apriliananda Penjualan mobil bekas

Jakarta, KompasOtomotif – Bagi sebagian orang, membeli mobil bekas (mobkas) adalah prioritas untuk punya kendaraan. Selain biaya yang terbatas, faktor pilihan yang beragam membuat mobkas masih banyak diburu konsumen.

Tapi, dengan banyaknya pilihan mobkas yang tersedia, bagaimana cara memastikan pilihan kita tepat? Tentu ada trik sederhananya, disampaikan oleh Senior Manager Marketing Pusat Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, kepada KompasOtomotif, Rabu (5/8/2015).

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan datang ke sentra penjualan mobkas yang ramai dan banyak pilihannya. Dengan berkunjung di tempat ini, Anda bisa lebih leluasa memilih sekaligus membandingkan mobil yang mau dibeli.

Setelah melihat ada beberapa model yang menarik, hal kedua yang wajib dilakukan adalah memastikan kondisi dan kelengkapan surat-surat, seperti BPKB, STNK, termasuk Faktur (surat pembelian kendaraan dari konsumen tangan pertama) lengkap tersedia. Salah satu saja hilang, Anda boleh mencurigai status mobkas yang diincar tadi. Lebih baik, cari alternatif lain.

"Jangan sampai kita membeli kucing dalam karung, tidak mengetahui asal-usul mobil yang mau dibeli. Ini sangat wajib dilakukan," ucap Herjanto.

Langkah ketiga, periksa lebih seksama kondisi kendaraan, mulai dari bagian eksterior maupun interior. Teliti dalam inspeksi bodi dan cat. Pilih mobil dengan cat yang masih orisinil dan tidak belang, karena ini berpengaruh pada harga jual kembalinya nanti, ketika mau mengganti kendaraan.

Agung Kurniawan Promosi mobil bekas di Mobil 88

Keempat, pastikan kondisi mesin masih dalam kondisi prima. Memang karena statusnya mobkas, Anda harus maklum jika kondisi mesin akan berkurang kualitasnya, karena termakan usia pakai konsumen sebelumnya. Untuk menentukan level kompensasi Anda, bisa mengajak rekan atau mekanik yang gape soal jeroan kendaraan yang sudah dibidik.

Terakhir, pastikan untuk langsung mencoba, mengendarai mobil ini. “Minimal lakukan test drive di sekitaran showroom. Kalau di WTC kan arenanya luas jadi bisa puas keliling sambil mengetes kondisi mesin dan kaki-kaki,” kata Herjanto.

Sadari kalau pedagang mobkas cenderung akan merekondisi kendaraan yang dijualnya agar terlihat baik di mata calon konsumen. Fungsi mekanik yang diajak bisa membuat Anda lebih unggul selangkah dari upaya para pedagang ini. Selain itu, jangan terburu-buru memutuskan membeli kalau tidak benar-benar sreg. Ingat masih banyak mobkas sejenis yang dijual di luar, Anda cukup bersabar sampai benar-benar menemukan yang cocok, sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!



Penulis : Aditya Maulana
Editor : Agung Kurniawan