Honda Sonic 150R Diklaim Aman "Minum" Premium

Kamis, 6 Agustus 2015 | 18:23 WIB
KompasOtomotif-donny apriliananda Honda New Sonic 150R menjadi andalan Honda terbaru.

Jakarta, KompasOtomotif – Honda New Sonic 150R yang baru saja diluncurkan PT Astra Honda Motor, Rabu (5/8/2015), menggendong mesin DOHC generasi terbaru dengan rasio kompresi yang tinggi 11,3:1. Idealnya, jika mengacu pada perhitungan ahli yang sudah pernah KompasOtomotif bahas, si ayam jago Honda lebih cocok menggunakan bensin RON 95.

Apa kata Honda? Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM) Johannes Loman usai peluncuran berusaha meyakinkan bahwa semua sepeda motor yang diproduksi AHM sudah lulus pengetesan menggunakan semua bahan bakar apa pun yang dijual di Indonesia.

”Semua sepeda motor sudah dites dan cocok menggunakan semua bahan bakar yang dipasarkan di Indonesa. Pengetesan menggunakan Premium, yang artinya otomatis sepeda motor bisa menggunakan bahan bakar apa saja,” kata Loman.

Ditambahkan, bahwa semua kendaraan atau mesin, menggunakan bahan jenis apa pun, tidak akan mengganggu usia dan daya tahan mesin sepeda motor Honda. Dengan kata lain, Loman ingin menyatakan bahwa mesin tetap aman.

”Sifatnya hanya berpengaruh pada performa. Semakin baik kualitas bahan bakar, performa tentu akan semakin baik, begitu juga dengan fuel consumption,”ujar Loman.

Kendati demikian, jika konsumen New Sonic 150R ingin mendapatkan performa seperti yang tertulis pada spesifikasi, hendaknya konsumen menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kriteria mesin, dalam hal ini, rasio kompresi.

Memang tidak akan ada masalah pada mesin, namun performa akan berkurang dan ruang bakar dipastikan lebih cepat kotor jika pakai bahan bakar dengan oktan yang kurang sesuai.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Agung Kurniawan