Hadir Model Baru, Avanza-Xenia di Pasar Mobkas “Terpukul”

Kamis, 6 Agustus 2015 | 07:20 WIB
Aditya Maulana Salah satu mobil Toyota Avanza yang dijual di Bursa Mobil Bekas Mall MGK Kemayoran

Jakarta, KompasOtomotif – Dalam waktu dekat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan meluncurkan MPV sejuta umat, Avanza dan Xenia, model terbaru. Adanya model baru ini ternyata “memukul” Avanza-Xenia di pasar mobil bekas (mobkas). Sejumlah pedagang mobkas di Bursa Mobil Bekas Mall MGK Kemayoran mengaku susah menjual si kembar ini.

Menurut Teddy, pemilik showroom Jaya Mobil, penjualan Avanza-Xenia mengalami penurunan, bahkan harganya pun harus ikut turun karena pasarnya sepi.

“Turunnya bisa Rp 3 juta sampai Rp 5 juta. Itu tergolong besar untuk segmen mobil ini,” ungkap Teddy saat ditemui KompasOtomotif di Mall MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (5/8/2015).

Dijelaskan pula, konsumen banyak yang menunggu Avanza-Xenia baru, sehingga model lama yang ada di pasar mobkas tidak dilirik. Biasanya, dalam sebulan Teddy mampu menjual 5 unit, tapi sekarang hanya 3 sampai 4 unit saja.

Penurunan penjualan Avanza-Xenia juga dialami oleh Ari Permana dari showroom Family Mobilindo. Menurutnya, kabar adanya model baru menjadikan konsumen lebih memilih membeli model baru ketimbang yang bekas.

“Sebenarnya sudah mulai menurun sejak 2 bulan lalu, apalagi sekarang diskonnya juga besar-besar,” ujar Ari.

Pengaruh diskon besar

Tak hanya rumor model baru, penurunan penjualan Avanza-Xenia di pasar mobkas juga terjadi karena di diler-diler Toyota dan Daihatsu memberikan diskon besar-besaran. “Konsumen lebih pilih mobil baru ketimbang mobil bekas kalau diskonnya besar seperti itu,” kata Ari.

Saat ini, Toyota Avanza di pasar mobkas dijual mulai Rp 135 jutaan hingga Rp 145 jutaan. Tahunnya dari 2012 hingga 2013 dan Daihatsu Xenia sedikit lebih murah.

Penulis : Aditya Maulana
Editor : Aris F Harvenda