Nissan Produksi Monster Baru, Juke-R 2.0

Senin, 3 Agustus 2015 | 10:00 WIB
Leftlanenews Nissan Juke-R 2.0

Tokyo, KompasOtomotif - Nissan terus berkreasi dengan model crossover-nya, Juke. Kali ini pabrikan asal Jepang tersebut mengumumkan akan memproduksi model konsep Juke-R 2.0. Edisi perdana akan diluncurkan di Italia.

Nissan Juke-R pertama kali pamer diri di Goodwood Festival of Speed. Subcompact crossover tersebut memiliki daya luar biasa yang menembus 600 tk. Nissan memberikan lampu hijau untuk memproduksi Juke-R.

Juke-R ini menggunakan sasis versi pendek dan daya penggerak milik Nissan GT-R NISMO. Versi produksinya akan dikerjakan dengan tangan, dan Nissan hanya memproduksi dalam jumlah terbatas. Idealnya, Juke-R ini akan diproduksi tergantung konsumen yang memesan.

Terakhir, Juke-R versi 1.0 pernah dirilis pada 2012 dengan banderol mencapai 500.000 euro (Rp 7,41 miliar). Sekarang, estimasi harga Juke-R 2.0 dengan komponen milik GT-R NISMO bisa menembus ke angka 600.000 euro atau setara dengan Rp 8,9 miliar.

Juke-R 2.0 menggunakan mesin V6 3.8L hasil racikan Nismo, mesin ini juga digunakan pada GT-R Nismo. Total tenaga mencuat lebih dari 100 tk dari versi orisinil Juke-R yang hanya punya besaran 485 tk.

Selain performa yang melonjak signifikan, Juke-R 2.0 juga punya keuntungan sebab memakai konstruksi bodi baru dengan bahan serat karbon termasuk pada bumper dan perangkat aerodinamis. Di bagian depan, bisa terlihat banyak jalur masuk udara untuk mengimbangi asupan mesin.

Nissan memang belum mengungkap angka performa, tapi sudah sepantasnya Juke-R 2.0 bisa berlari lebih kencang dibanding sebelumnya. Ekspektasi akselerasi 0 – 100 kpj lebih cepat dari 3,7 detik seperti versi standar dan saat dipacu di gigi teratas kecepatannya melebihi 257 kpj.

Penulis :
Editor : Azwar Ferdian