Penantang Vios dan City dari Suzuki Lahir Bulan Depan

Kamis, 23 Juli 2015 | 14:39 WIB
KompasOtomotif-donny apriliananda Suzuki Ciaz saat meluncur di Bangkok Motor Show 2015.

Jakarta, KompasOtomotif – Sedan baru Suzuki, Ciaz, yang sudah sudah diperkenalkan di India, China, dan Thailand akan melantai di salah satu pameran otomotif akbar yang akan digelar Agustus nanti di Indonesia. Setelah mendebut, model yang bakal meneruskan kejayaan Baleno ini siap dijual.

Di China, Ciaz dipasarkan dengan nama Alivio serta menggendong mesin bensin 1.6L. Di India Ciaz dilengkapi pilihan bensin 1.4L dan diesel 1.3L, sedangkan di Thailand Ciaz memiliki mesin 1,25L menyesuaikan regulasi eco car yang diterapkan pemerintah lokal.

Ciaz akan diimpor dari Thailand. Tapi salah satu sumber internal Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkap, Kamis (23/7/2015), Ciaz untuk Indonesia beda seperti Thailand, artinya tidak menggunakan mesin 1,25L yang dirasa bukan jadi modal yang tepat untuk bersaing di segmen sedan kompak.

Selain itu sumber yang sama juga memastikan Ciaz punya hal unik sebagai pembeda dengan model lain di Indonesia, meski tidak dijelaskan lebih detail tentang pilihan mesin. Kompetisi Ciaz di dalam negeri bersama Toyota Vios dan Honda City.

“Pasar sedan memang turun terus, tapi kita memosisikan Ciaz sebagai flagship. Ada banyak teknologi yang tersedia, tapi keahlian kami membuat teknologi yang ada sekarang semakin terjangkau. Jadi ciri khas Suzuki,” kata sumber.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian