Penting… Asuransikan Mobil Anda Sebelum Mudik!

Selasa, 7 Juli 2015 | 04:47 WIB
SHUTTERSTOCK Asuransikan mobil Anda segera! Jangan sampai meninggalkan mobil tanpa pengawasan saat mudik lebaran nanti.

KOMPAS.com - Momen hari raya Idul Fitri sudah terasa di depan mata, mudik menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu sebagian orang. Selain bisa beristirahat dari rutinitas pekerjaan, Anda juga bisa bersilaturahim melepas rindu dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Bagi Anda yang berencana melakukan kegiatan mudik, ada baiknya menggagas persiapan sematang mungkin. Pasalnya, Anda akan meninggalkan rumah untuk kurun waktu lama. Belum lagi jika pegawai rumah tangga ikut pulang kampung.

Nah, apabila Anda berencana mudik menggunakan transportasi umum, alangkah baiknya Anda mempersiapkan agar rumah serta kendaraan pribadi tetap aman. Berikut tips persiapan mudik agar hati tenang dan nyaman di kampung halaman:

1. Tentukan waktu

Hal pertama bisa Anda persiapkan jauh-jauh hari adalah menentukan waktu keberangkatan yang tepat. Anda bisa menyesuaikan jadwal libur kantor dengan jadwal libur sekolah anak-anak.

Usahakan waktu kepulangan tidak terlalu mepet dengan hari raya, sebab harga transportasi umum biasanya cenderung melonjak dan lalu lintas mulai sangat padat. Hal ini tentu akan mempengaruhi kenyamanan saat perjalanan mudik.

2. Pilihan Transportasi

Selanjutnya, pilih alat transportasi umum yang akan digunakan. Sebaiknya, pesan tiket jauh-jauh hari. Pesan juga sekaligus tiket kepulangan agar tidak kebingungan saat akan kembali dari kampung halaman.

Namun, jika sudah terlanjur kehabisan tiket, Anda juga bisa memilih jasa travel. Meski harus merogoh kantong lebih dalam, jasa transportasi ini cenderung lebih nyaman. Apalagi jika membawa si kecil.

Lebih dari itu, apapun alat transportasi yang dipilih hal paling utama, Anda tetap harus memastikan standar keselamatannya. Pastikan Anda bisa menikmati hari lebaran dengan sehat.

3. Keamanan rumah

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan semua pintu, jendela, dan garasi rumah Anda terkunci rapat. Jangan lupa, simpan semua barang berharga di tempat aman.

Periksa ulang semua kontak listrik dan alat memasak sebagai antisipasi. Lapor kepada pihak RT atau tetangga bahwa rumah dalam keadaan kosong karena penghuninya pulang ke kampung halaman. Apabila tinggal di komplek perumahan, usahakan satpam mengetahui kalau rumah dalam keadaan kosong.

4. Kendaraan harus aman

Jika memiliki kendaraan, selain memastikan terkunci dengan aman, pastikan Anda juga sudah mengasuransikannya. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan terburuk selama Anda meninggalkan rumah.

Kenyataannya, mayoritas orang tak punya waktu mengurus asuransi di sela-sela kepadatan aktivitas sehari-hari. Namun, sekarang tak perlu repot lagi. Anda hanya perlu mendatangi Garda Center di mal-mal terdekat di kota besar di Indonesia.

Selama tujuh hari dalam seminggu, Garda Center buka dan siap melayani sesuai jam operasional mal. Dengan begitu, di akhir pekan pun Anda tetap bisa berkunjung guna memenuhi kebutuhan asuransi mobil.

Tak hanya itu, klaim asuransi Garda Oto pun terbilang gampang. Anda memiliki banyak pilihan cara. Salah satunya melalui aplikasi “Garda Mobile Otocare” pada ponsel pintar. Cukup unduh aplikasi di playstore atau app store secara gratis.

5. Perhatikan kesehatan

Jangan lupa sediakan obat-obatan atau vitamin yang biasa dikonsumsi. Perjalanan panjang yang menguras tenaga dan cukup melelahkan seperti ini mewajibkan Anda menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Persiapkan juga bekal konsumsi dan letakkan di tempat terjangkau. Bukan di dalam bagasi bus atau tempat yang terlalu jauh dari tangan.

Selamat pulang kampung! Tentu saja, tak ada yang lebih membahagiakan daripada bertemu dengan keluarga besar dalam keadaan sehat dan bahagia, bukan?

Penulis : Magdalena Windiana Siahaan
Editor : Latief