Makin "Bengis", Tenaga Juke-R 2.0 Dekati 600 Tk

Jumat, 26 Juni 2015 | 13:37 WIB
Worldcarfans Nissan Juke-R versi pertama (kiri) dan Nissan Juke-R 2.0.

London, KompasOtomotif – Figur model pengembangan crossover paling bertenaga Nissan, Juke-R, akan diperkenalkan di ajang Goodwood Festival of Speed 2015 yang akan dibuka pekan ini di Inggris. Nissan menyebutnya Juke-R 2.0 dan inti dari segala perubahan ada di jantung pacu yang kini menyemburkan tenaga lebih besar yaitu 591 tk.

Juke-R 2.0 menggunakan mesin V6 3.8L hasil racikan Nismo, mesin ini juga digunakan pada GT-R Nismo. Total tenaga mencuat lebih dari 100 tk dari versi orisinil Juke-R yang hanya punya besaran 485 tk.

Worldcarfans Nissan Juke-R 2.0 menggunakan mesin V6 3.8L milik GT-R Nismo.

Selain performa yang melonjak signifikan, Juke-R 2.0 juga punya keuntungan sebab memakai konstruksi bodi baru dengan bahan serat karbon termasuk pada bumper dan perangkat aerodinamis. Di bagian depan, bisa terlihat banyak jalur masuk udara untuk mengimbangi asupan mesin.

Nissan memang belum mengungkap angka performa, tapi sudah sepantasnya Juke-R 2.0 bisa berlari lebih kencang dibanding sebelumnya. Ekspektasi akselerasi 0 – 100 kpj lebih cepat dari 3,7 detik seperti versi standar dan saat dipacu di gigi teratas kecepatannya melebihi 257 kpj.

Worldcarfans Nissan Juke-R 2.0 menggunakan konstruksi berbahan serat karbon baru.


Nissan masih menganggap Juke-R 2.0 adalah mobil konsep dan tidak menyebut sedikit pun kemungkinan menjadi model produksi. Meski nantinya versi paling “bengis” Juke ini dijual di pasaran, harganya pasti di atas versi sebelumnya yaitu 590.000 dollar AS atau Rp 7,8 miliar.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian