Sensasi Kenyamanan Kabin Daihatsu New Terios

Jumat, 26 Juni 2015 | 04:03 WIB
Stanly/Otomania Tes konsumsi BBM dalam kota Daiahtsu Terios

Jakarta, KompasOtomotif - Perubahan signifikan pada Daihatsu New Terios bukan sekedar berganti wajah, tapi juga menjamah sektor interior. KompasOtomotif berkesempatan untuk menjajalnya, dan mencoba merasakan kenyamanan kabin saat berkendara di dalam kota.

Sejak awal membuka pintu, sudah terlihat suasana berbeda di dalam interior yang didominasi warna gelap. Meski secara layout tak ada yang berbeda, tapi kesan mewah justru lebih keluar karena adanya aksen berbeda.

Stanly/Otomania Interior Daihatsu New Terios yang lebih mewah
Mulai dari lapisan jok baru dengan bahan fabric plus detail garis merah, dasbor dengan hiasan garnis piano, door trim berlapisan bahan lembut sampai instrumen cluster yang lebih sporty.

Posisi berkendara sudah cukup nyaman, dukungan visibilitas yang lapang pada pilar membuat jarak pandang lebih baik, apalagi ditambah dengan desain kemudi baru yang lebih kokoh ketika digenggam.

Secar garis besar, Daihatsu mencoba untuk memberikan ruang yang ergonomis untuk pengendara dan penumpangnya. Terlihat penempatan tombol-tombol fungsi yang mudah untuk dijangkau.

Tepat di sebelah kanan pengendara, terdapat tombol fungsi untuk mengaktifkan daytime running light (DRL), serta pengaturan spion secara elektrik, dan ketika berkendara ingin memaksimalkan audio, tak pelru repot menggapai head unit, cukup manfaatkan fitur audio steering switch control yang memudahkan pengaturan dalam satu gengaman.
 
Stanly/Otomania Kelapangaan dibaris kedua dan ketiga

Soal kelapangan kabin tak perlu diragukan. Sebagai sebuah SUV kompak, Terios memiliki ruang kabin yang mampu menampung 7 orang penumpang dengan komposisi tiga baris bangku.

Tiap baris sudah memiliki dimensi yang persisi guna menampung orang dewasa. Begitu juga dengan jaminan kesejukan kabin dengan double blower yang disematkan tanpa mengganggu ruang kepala.

Bagasi tak kalah berperan memberikan kenyamanan untuk menampung barang bawaan. Bila masih kurang, seperti saat membawa barang belanja bulanan dengan keluarga, bisa memanfaatkan bangku baris ketiga yang membuat bagasi lebih lapang.

Fleksibel

Daihatsu Terios juga mampu memanjakan perjalanan melalui fitur entertainment barunya yang disalurka dari perangkat head unit 2DIN layar sentuh yang memiliki tingkat kepekaan cukup agresif ketika digunakan.

Stanly/Otomania Head unit baru, berikan kenyamanan lebih untuk pengendara
Head unit ini sudah terintegrasi dengan Bluetooth yang dapat dikoneksikan dengan ponsel atau gadget. Pengoprasianya pun cukup mudah, bahkan bisa tersambung dengan beberapa gadget sekaligus.

Ada juga fitur navigasi yang dapat membantu perjalanan, saat merasa jenuh pengendara dan penumpang pun bisa mendapat hiburan dengan tontonan film beresolusi tinggi melalui konektor kabel HDMI di konsol tengah yang berdekatan dengan USB.

Stanly/Otomania Kelapangan bagasi serta fitur kenyamanan penumpang
Akses penumpang baris ketiga juga dibuat lebih mudah, tak perlu repot melipat bangku secara bertahap, cukup manfaatkan fitur one touch tumble yang membuat jok baris kedua terlipat otomatis.

Penulis : Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian