Agar Mobil Tetap Cantik dan Awet Muda

Selasa, 16 Juni 2015 | 07:25 WIB
www.shutterstock.com Saat ini, suhu Jakarta di siang hari bisa mencapai 35 derajat celcius. Bila mobil sering terkena paparan langsung panas matahari setinggi itu, warna cat jadi terlihat kusam.

KOMPAS.com – Apa tipe mobil impian Anda? Jenis sedan, hatchback, SUV, atau mobil sport? Lalu, bagaimana perasaan Anda, jika setelah bersusah payah mendapatkan mobil impian, tiba-tiba hanya dalam waktu kurang dari satu tahun warna cat mulai kusam karena cuaca ekstrim? Atau, kerutan di badan mobil mulai terlihat karena sering baret saat berkendara?

Perawatan kendaraan secara berkala memang wajib dijadikan agenda rutin. Contohnya, mengganti oli, tune up, cek elektrikal, rem, dan suspensi mobil.

Namun, tampilan luar mobil juga penting diperhatikan agar tetap mulus dan cantik. Jadi, saat mulai melirik tipe mobil baru, harga jual mobil Anda tetap bersaing. Nah, perawatan sederhana berikut ini akan membuat tampilan mobil tetap awet muda: 

Berlindung dari sinar matahari

Saat ini, suhu Jakarta di siang hari bisa mencapai 35 derajat celcius. Bila mobil sering terkena paparan langsung panas matahari setinggi itu, warna cat jadi terlihat kusam. Lalu, pada bagian mobil berlapis karet, termasuk karet wiper, akan mudah robek dan tidak elastis lagi.

Karena itu, biasakan memarkir mobil di tempat teduh. Penggunaan penutup mobil belum tentu secara maksimal dapat menghindari efek sinar matahari.

Namun, jika terpaksa parkir di ruang terbuka, pastikan untuk menegakkan batang wiper agar tidak bersentuhan langsung dengan kaca. Ini berguna agar karet wiper tidak mengeras atau menjadi tidak rata karena menempel pada kaca yang panas.

Jangan lupa, lapisi kaca mobil dengan kaca film anti sinar ultraviolet. Walau sedikit lebih mahal, kaca film jenis ini mampu mengurangi efek negatif sinar matahari ke dalam bagian kabin mobil.

Adapun untuk perawatan badan mobil, ada baiknya Anda secara rutin memoles bodi di salon mobil. Cara ini bisa membuat cat mobil lebih awet karena memiliki lapisan pelindung. Jangan khawatir, saat ini banyak paket perawatan mobil hemat sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

Agar tak lupa jadwal rutin perawatan mobil, ada baiknya mencoba aplikasi pengingat otomatis di ponsel Anda. Contohnya, aplikasi gratis Garda Mobile Otocare yang dapat diunduh siapapun dari Play Store atau App Store.

Aplikasi garapan Asuransi Astra ini memiliki fitur “remainder” untuk jadwal perawatan mobil, perpanjangan STNK dan SIM, juga tanggal jatuh polis asuransi.

Selain itu, Anda juga dapat mencatat pengeluaran bensin dan servis pada fitur “track fuel” dan “service expenses”. Evaluasi kinerja dan biaya mobil kesayangan jadi lebih mudah.

Jamur di musim hujan

Pada dasarnya, jamur timbul karena bekas bercak air kotor menempel di badan mobil. Bercak ini kemudian mengering dan menjadi lahan subur bagi jamur.

www.shutterstock.com Selain perawatan berkala, perlindungan sehari-hari pun perlu dilakukan.

Sebaiknya, cuci bersih badan mobil tiap sehabis terkena hujan. Cukup bilas dan keringkan bodi dengan plas chamois. Namun, jika sedang merasa malas, Anda bisa datang langsung ke tempat pencucian mobil.

Untuk melindungi ruang dalam kabin dari jamur, lapisi lantai mobil dengan koran bekas. Jadi, ketika alas kaki basah karena hujan, Anda bisa tetap masuk tanpa membasahi lantai mobil.

Melindungi sepenuh hati

Perawatan berkala telah masuk jadwal. Perlindungan sehari-hari pun sudah dilakukan. Namun, kejadian tak terduga bisa saja tiba-tiba terjadi, misalnya banjir, pencurian, atau kecelakaan.

Asuransi adalah pilihan tepat. Dengan mengasuransikan sesuai kebutuhan, Anda telah melindungi mobil kesayangan secara menyeluruh. Biaya perbaikan mobil yang mendadak dan mahal pun bisa dihindari.

Namun, jika tak punya banyak waktu luang mencari informasi. Anda bisa mampir ke gerai asuransi mobil di mal-mal tertentu sambil menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga.

Salah satunya, Garda Oto telah membuka 14 Garda Center di mall-mall di beberapa kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Depok, Medan, Solo, Cikarang, dan Tangerang. Jika berbelanja di 13 mall rekanan Garda Oto ini atau Hero Supermarket, Electronic City, dan Shell, Anda berkesempatan mendapatkan Garda Oto Experience Card (GOXC). (Baca di: Asuransi Astra Gelar Garda Oto Holiday Campaign

Dengan melakukan aktivasi kartu GOXC, Anda bisa mencicipi satu kali layanan 24 jam Garda Siaga tanpa dipungut biaya hingga 31 Juli 2015. Cocok untuk persiapan mudik lebaran nanti.

Tak hanya itu, di tanggal tertentu, Anda pun bisa menikmati acara Garda Oto Holiday Freestival yang meriah saat mengunjungi lima mal di daerah Jabodetabek dan Surabaya.

Selamat mencoba!

Penulis : Adhis Anggiany Putri S
Editor : Latief