Garansindo Jamin Perawatan Zero Lima Tahun

Jumat, 12 Juni 2015 | 16:05 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Perawatan sepeda motor listrik, Zero Motorcycle

Jakarta, KompasOtomotif – Transisi perkembangan sepeda motor menuju teknologi sistem gerak listrik  di Indonesia memang belum merata, sebagian kendala yang masih jadi pertanyaan adalah seluk beluk perawatan. Salah satu pemasar motor listrik di Indonesia, Garansindo Technologies (GT) untuk Zero Motorcycles, menjelaskan perlakuan untuk unit berteknologi baru ini diibaratkan “free maintenance”.

Dhani M Yahya, Managing Director GT mengatakan unit Zero tidak butuh perawatan seperti sepeda motor pada umumnya, penggantian oli mesin, kopling, busi, saringan bensin, dan saringan oli, tidak diperlukan. “Free maintenance” bahkan mendorong GT memberikan paket garansi Complete Maintenance Coverage (CMC) yang berlaku lima tahun atau 50.000 km.

Edo Dwiputro, Workshop Manager GT menjelaskan, perawatan berkala Zero dimulai setelah pemakaian 10.000 km. Pemeriksaan dilakukan menyeluruh, termasuk Batterai Management Control dan perawatan sistem mekanis. Jadwal perawatan kedua pada 20.000 km, saat itu pemeriksaan lebih menyeluruh sampai ke penggantian kampas dan cairan rem.

“Perlakuan khusus bisa terjadi saat ada update software dari pusat, kita akan panggil unit untuk diinstal di sini (diler Zero). Kalau unit di luar kota kita akan kirim orang untuk datang ke lokasi,” jelas Edo, saat pembukaan diler Zero Motorcycle di Jakarta, Jumat (12/6/2015).

Dhani menambahkan kemampuan baterai Zero akan berkurang setelah mencapai 500.000 km. “Hasilnya beda-beda tergantung model, misalnya SR kapasitasnya akan turun menjadi 80 persen,” ungkap Dhani.

Saat ini GT menjual empat model Zero, berikut rincian harganya:
Zero Motorcycles FX
-          Zero Motorcycles FX ZF 2.8; Rp 180 juta
-          Zero Motorcycles FX ZF 5.7; Rp  220 juta

Zero Motorcycles DS
-          Zero Motorcycles DS ZF 9.4; Rp 249 juta
-          Zero Motorcycles DS ZF 12.5; IDR 279 juta
-          Zero Motorcycles DS ZF 12.5+power tank; Rp 329 juta

 Zero Motorcycles S
-          Zero Motorcycles S ZF 9.4; Rp 249 juta
-          Zero Motorcycles S ZF 12.5; Rp 279 juta
-          Zero Motorcycles S ZF 9.4+power tank; Rp 329 juta

Zero Motorcycles SR
-          Zero Motorcycles SR ZF 12.5; Rp 309 juta
-          Zero Motorcycles SR ZF 12.5+power tank; Rp 359 juta.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian