All-New Strada Triton Dijual Pakai Lambang Fiat

Kamis, 11 Juni 2015 | 08:45 WIB
Theophilus Chin Seperti ini rekayasa digital oleh Theophilus Chin untuk desain pikap baru Fiat yang diproduksi menggunakan basis Strada Triton.

Tokyo, KompasOtomotif - Kerja sama grup otomotif asal Italia Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan Mitsubishi Motors Corp semakin mendekati kenyataan. Automotive News, Rabu (10/6/2015), mengabarkan, keduanya tengah menyelesaikan final detail kontrak yang mengizinkan pikap produksi Thailand L200 dipasarkan dengan merek Fiat di Eropa dan Amerika Latin.

Generasi terbaru L200 -dikenal di Indonesia sebagai Strada Triton- telah diproduksi di pabrik Laem Chabang, Thailand, sejak tahun lalu. Sejak peluncurannya, Mitsubishi meninggikan target penjualan global All-New Strada Triton menjadi 200.000 unit per tahun, naik dari model lama 130.000 unit.

Carscoops Mitsubishi All-New Triton (Strada Triton) versi terbaru.

Selama ini Asia Tenggara jadi lahan paling subur buat penjualan Stada Triton, termasuk di dalamnya Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia. Pasar terbesar kedua adalah Eropa yang mewakili 10 persen penjualan global. Di Eropa pasar mobil komersial terutama pikap sedang berkembang, alasan inilah yang mendorong Fiat menambah model pikap.

“Keuntungan bagus untuk Fiat adalah kami dapat menyuplai line up mereka, sementara kami mengisi volume produksi di Thailand. Pikap Fiat 100 persen Mitsubishi dari pandangan mekanis, tapi kami harus memikirkan diferensiasi dan kini sedang dikerjakan,” ujar bos Mitsubishi global divisi pikap, Koichi Namiki.

FCA akan mulai menjual pikap baru pada 2016 di bawah divisi mobil komersial ringan Fiat Professional. Informasi tentang nama pikap itu memang belum tersedia namun yang pasti kehadirannya akan menemani pikap mini Fiat bernama Strada yang sudah lebih dulu dipasarkan di Eropa dan Amerika Latin.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian