Wajah Segar Hyundai Santa Fe

Senin, 8 Juni 2015 | 10:33 WIB
indianautosblog Hyundai Santa Fe saat diluncurkan di Korea Selatan, Jumat (5/6/2015).

Seoul, KompasOtomotif – Hyundai Motor Korea merilis Santa Fe terbaru dengan tampang lebih segar, Jumat (5/6/2015) di Seoul, Korea Selatan. Tak hanya tampang yang sedikit berubah, sejumlah fitur pun ditambah, begitu juga dengan up-date mekanikal.

Secara visual, perubahan paling mencolok adalah fascia depan yang semakin agresif. Gril diberi tiga garis besar berlapis krom, menggantikan lima garis yang terpasang pada model sebelumnya. Lampu kabut berdesain baru, dilapisi bezel krom, dipadu dengan garis yang seakan menyatu dengan bemper.

Lampu-lampu dibenahi, dengan daytime running lights (DRL) yang terintegrasi dengan bemper. Fitur baru, Santa Fe kini mempunyai lampu pemandu ketika kendaraan akan berbelok. Lampu jauh (dim) juga punya asisten yang tak akan membuat pengendara lain merasa silau.

Ubahan tak hanya tampang, rangka bodi semakin kaku, dibuat dari baja berkekuatan tinggi. Fitur keamanan pun baru, termasuk autonomous highway driving, emergency braking, smart cruise control, dan monitor blind spot.

Interior tak banyak berubah, hanya mendapat penambahan kualitas bahan dan detail. Namun yang terpenting, kamera belakang naik kelas menjadi 100 megapixel, dengan opsi monitor 360 derajat yang sanggup melihat situasi sampai di sekeliling mobil.

Jantung mekanis tak berubah, mengandalkan mesin 2.000 cc dan 2.200 cc diesel 4 silinder. Namun pembaruan untuk kadar emisi lebih baik semakin ditekankan. Diklaim, vibrasi saat mesin dinyalakan pertama kali untuk mengawali hari semakin halus.

Banderol sudah ditetapkan, berada di antara 28,17 juta won (Rp 336 juta) hingga 36,33 juta won (Rp 433,7 juta). Tak hanya dijual di Korea Selatan, model ini juga akan dikapalkan di sejumlah benua di dunia.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian