Toyota Masih Merek Termahal di Dunia, Rp 382,4 T

Kamis, 28 Mei 2015 | 11:31 WIB
Indianautosblog New Toyota Crown di Guangzhou Auto Show 2014

New York, KompasOtomotif — Toyota masih berhasil mempertahankan diri sebagai merek dengan nilai termahal di dunia, meski diterpa jutaan kasus kampanye perbaikan massal (recall). Menurut hasil penelitian "BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands" yang diumumkan lembaga peneliti global Millward Brown dari New York, Rabu (27/5/2015).

BMW menduduki peringkat kedua, sedangkan Mercedes-Benz di posisi ketiga. Meski bercokol di puncak merek termahal di dunia, nilai yang diperoleh Toyota menurun 2 persen dari tahun sebelumnya, menjadi 28,9 miliar dollar AS atau Rp 382,4 triliun.

"Ketika Anda melihat level kepercayaan pemilik mobil terhadap Toyota masih baik, ada sedikit gangguan dari isu (recall) kantong udara. Pengalaman konsumen, nilai yang baik, dan kualitas yang telah dipercaya oleh pelanggan bisa dilihat dari bagaimana menilai merek itu," ujar Peter Walshe, Direktur Global BrandZ, di Millward Brown, seperti dilansir Autonews, Rabu (27/5/2015).

Honda menjadi merek kedua dalam peringkat 10 besar yang menghadapi penurunan nilai, selain Toyota. Penurunan nilai Honda terjadi karena masalah serupa. Nilai Honda anjlok sampai 5 persen menjadi 13,3 miliar dollar AS (Rp 175,6 triliun).

Baik Toyota maupun Honda merupakan beberapa merek mobil yang terkait dengan kasus recall jutaan unit karena komponen kantong udara bermasalah dari Takata. Namun, dari 10 tahun usia penelitian ini, Toyota masih konsisten di puncak peringkat dalam delapan tahun di antaranya.

Nilai naik

Pada peringkat kedua merek termahal di dunia, BMW berhasil menaikkan nilainya 2 persen lebih baik, menjadi 26,4 miliar dollar AS. Lonjakan nilai ini diperoleh berkat peluncuran dua model berteknologi hibrida plug-in ke pasar, i8 dan i3. Mercedes-Benz juga naik 1 persen menjadi 21,8 miliar dollar AS.

Audi merupakan merek dengan pertumbuhan nilai paling pesat, melesat 43 persen menjadi 10,1 miliar dollar AS dari tahun sebelumnya. Merek premium dari Jerman ini bahkan berhasil menggeser sang prinsipal, Volkswagen, di peringikat ketujuh.

"Sukes besar Audi diperoleh berkat nilai yang lebih baik dan bagaimana mereka begitu berarti bagi konsumen. Mereka benar-benar sangat konsisten. Mereka juga punya cara berkomunikasi yang berbeda, dan poin yang spesial dari merek ini, seperti teknologi, keamanan, dan keuntungan bagi konsumen, ditambah metode iklan yang apik," ucap Walshe.

Berikut daftar 10 merek mobil dengan nilai terbaik di dunia (dalam miliar dollar AS):

1. Toyota 28,9

2. BMW 26,4

3. Mercedes-Benz 21,8

4. Honda 13,3

5. Ford 13,1

6. Nissan 11,4

7. Audi 10,1

8. Volkswagen 9,3

9. Land Rover 5,0

10. Lexus 4,3

 

Penulis :
Editor : Agung Kurniawan