Peugeot dan Dongfeng Mulai Jajah ASEAN

Jumat, 22 Mei 2015 | 15:37 WIB
Carscoop Peugeot 308S merupakan versi hatcback dari 308 sedan.

Hanoi, KompasOtomotif - PSA Peugeot Citroen bersama dengan mitra usahanya di China, Dongfeng Motor, menunjuk Vietnam dan Malaysia sebagai lokasi baru pendirian fasilitas perakitan mobil. Ini adalah langkah Peugeot-Dongfeng untuk merambah ke Asia Tenggara.

Seperti dilaporkan Xinhua, Jumat (22/5/2015), PSA Peugeot Citroen saat ini sedang berada di ambang kehancuran. Kemerosotan penjualan selama enam tahun, membuat PSA mencapai angka treendah dalam dua dekade terakhir.

Sebagai salah satu strategi, PSA menggandeng Dongfeng berusaha keras merebut pasar Asia, termasuk Asia Tenggara melalui perpanjangan tangan Donfeng. Bermodal sukses di China, ASEAN menjadi pasar yang cukup potensial untuk digarap.

Dongfeng Citroen Automobile Peugeot akan memulai produksi kendaraan di Vietnam di tahun ini berkat kemitraannya dengan perusahaan lokal, THACO Group. Tak hanya Vietnam, PSA-Dongfeng juga siap merambah Malaysia dengan memproduksi mobil kompak, buah dari kesepakatan dengan Grup Naza lokal.

Bila produksi di Vietnam dan Malaysia sudah berjalan, target produksi yang dicanangkan sampai 2020 mencapai angka 1,5 juta unit per tahun. PSA dan Dongfeng tengah mempertimbangkan pembentukan perusahaan baru yang akan memimpin penjualan mereka di kawasan Asia-Pasifik.

Penulis :
Editor : Azwar Ferdian