Ini Banderol Sepeda Listrik Italjet untuk Indonesia

Rabu, 13 Mei 2015 | 16:36 WIB
Agung Kurniawan/Kompas.com Mampir ke vila Carina di Turin, Italia.

Jakarta, KompasOtomotif - Sebentar lagi, PT Garansindo Inter Global (GIG) meluncurkan produk terbaru sepeda listrik, Italjet, di Indonesia. Alat transportasi semi otomatis ini tetap mengandalkan kayuhan seperti sepeda konvensional. Bedanya ada tambahan tenaga dari motor listrik yang terintegrasi pada tromol roda belakang.

"Harga kami akan samakan dengan banderol yang dijual di Eropa. Di Italia sekitar 4.000 euro per unit. Jadi sekitar Rp 50 jutaan lah," jelas Rieva Muchsin, Kepala Operasional Garansindo di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (13/5/2015).

Italjet E-Bike punya desain bodi unik, kental nuansa retro dengan aksen rendah "low rider". Sepeda ini dilengkapi dengan motor listrik 350 watt, menghasilkan kecepatan sampai 32 kpj di luar tenaga kayuh. Baterai sudah lithium-ion, bisa dicolok ke stop kontak rumahan.

Dalam kondisi baterai penuh, tenaga tambahan dari motor listrik bisa digunakan sampai jarak 90-100 km. Pengisian baterai dari kosong sampai penuh, butuh waktu sekitar 4 jam.

Untuk target penjualan, Garansindo mengaku tidak punya angka pasti. Pasalnya, E-bike ini dihadirkan lebih sebagai barang premium dan mencerminkan gaya hidup seseorang. Bukan sekedar mengejar volume penjualan.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Aris F. Harvenda