Ini Resep Sukses Datsun di Indonesia

Rabu, 13 Mei 2015 | 14:10 WIB
Febri Ardani Saragih/KompasOtomotif Datsun GO mulai sukses di Indonesia

Jakarta, KompasOtomotif - Indonesia telah menjadi pasar seksi buat Datsun. Tercatat, sudah 30.000 unit lebih mobil Datsun beredar di Indonesia, dan membawa Indonesia sebagai yang terbaik dibanding pasar di negara lain.

Head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaya, membeberkan ada dua alasan Datsun sukses di Indonesia. Pertama sebab Datsun sudah tidak asing lagi di Tanah Air, kedua penetrasi pasar Datsun "nebeng" jaringan dealer Nissan Motor Indonesia.

Datsun pernah beredar di Indonesia hingga era 1980-an, basis komunitas telah terbentuk dan citra merek terjaga. Saat reinkarnasi Datsun diperkenalkan pada November 2013, Indri mengatakan komunitas pemilik Datsun lawas ikut dilibatkan. Harmonisasi klasik-modern ini terus dikembangkan hingga sekarang.

"Belum lama ini kita buat Datsun Day yang mempertemukan pemilik Datsun klasik dan baru. Opinion maker itu pemilik Datsun retro, sedangkan inisiator Datsun baru," kata Indri di Jakarta, Rabu (12/5/2015).

Jaringan

Sejak Datsun penetrasi ke Indonesia, logo "Nissan" berwarna merah yang biasanya menghiasi wajah dealer-dealer Nissan kini mulai dipadankan dengan logo biru bertuliskan  "Datsun". Inilah yang menjadi penanda dealer Nissan juga menjual merek Datsun.

Pemasaran Datsun sanggup hingga ke pelosok sebab distribusi didukung 115 dealer Nissan yang tersebar di seluruh Indonesia. "Jaringan dealer Datsun kuat, ini yang membantu kami," ucap Indri.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian