Rapor Kecelakaan Mobil Tanpa Awak

Selasa, 12 Mei 2015 | 17:35 WIB
leftlanenews Lexus RX 350 otonomos Google beberapa dilaporkan terlibat kecelakaan.

California, KompasOtomotif – Kendaraan tanpa awak atau biasa disebut mobil otonomos, seharusnya menjadi kunci menghilangkan kecelakaan jalan raya di masa depan. Namun data terbaru di California, dari 48 mobil tanpa awak yang terdaftar, empat di antaranya terlibat kecelakaan.

Data tersebut diungkap Associated Press (AP) dari informasi kecelakaan lalu lintas di AS, sejak California memberikan izin mobil otonomos beroperasi sejak September tahun lalu.

Dari empat kecelakaan tersebut, tiga di antaranya melibatkan SUV Lexus RX Google, sisanya adalah Audi SQ5 yang sedang dites oleh pemasok komponen Delphi.

Sumber yang mengetahui situasi ini mengungkap pada AP bahwa dua dari kecelakaan tersebut terjadi saat mobil berada dalam kontrol. Sementara dua lainnya terjadi saat dalam pengawasan pengemudi. Tidak ada cedera serius dalam kecelakaan itu.

Kesalahan manusia

Karena alasan kerahasiaan, California menolak untuk membicarakan, siapa yang salah dalam kecelakaan ini. Namun Google dan Delphi lebih mengambinghitamkan manusia, bukan mesin. Semua kecelakaan berada dalam kecepatan di bawah 10 kpj.

Keterangan dari Google hanya menyatakan bahwa mobil otonomos mereka mengalami kerusakan kecil, tidak ada cedera. Sejauh ini disebabkan karena kesalahan manusia dan luput dari perhatian.

Sementara Delphi, mengatakan bahwa SQ5 yang terlibat kecelakaan telah ditabrak saat berhenti untuk memutar balik arah, dan saat itu mobil di bawah kendali manusia.

Selain California, Michigan, Nevada, dan Florida adalah negara bagian AS yang juga diberi keleluasaan mengoperasikan mobil tanpa awak. Namun tidak ada keterangan kecelakaan yang melibatkan mobil tanpa awak.

Penulis :
Editor : Donny Apriliananda