Berbagi Teknologi, Toyota dan Mazda Makin Akur

Senin, 11 Mei 2015 | 17:57 WIB
Toyota/Carscoop Toyota memproduksi Mirai dengan ketekunan tinggi, hanya tiga unit diproduksi per hari, demi menjaga kualitas tinggi.

Tokyo, KompasOtomotif - Dua pabrikan asal Jepang, Toyota dan Mazda, memperluas hubungan kerja sama yang sudah terjalin antara kedua pihak. Kali ini, Toyota dan Mazda bakal saling bantu dalam pengembangan kendaraan hidrogen (fuel cell).

Seperti dilansir Automotive News, Senin (11/5/2015), kedua belah pihak sudah melakukan pembicaraan untuk mencari kata sepakat mengenai kerja sama ini. Dalam pembicaraan tersebut didapatkan, Toyota akan menyuplai teknologi fuel cell dan plug-in hibrida kepada Mazda.

Mazda sendiri bukan tanpa pengambangan. Kubu Mazda sedang mencoba mengembangkan teknologi mesin yang bebas emisi. Masuk dalam daftar rencana adalah mesin rotari dengan sumber tenaga hidrogen. Kemungkinannya, Mazda akan memakai teknologi milik Toyota sebagai tenaga penggerak.

Seperti diketahui, Toyota sudah sukses dengan proyek Mirai sebagai mobil hidrogen yang sudah diproduksi massal. Raksasa asal Jepang ini meyakini bahwa kedepannya para produsen mobil akan mulai melirik teknologi hidrogen. Untuk itu Toyota sudah merilis 5.680 teknologi fuel cell yang dipatenkan untuk umum. Teknologi itu kini bebas dipakai siapa saja untuk pengembangan fuel cell.

Sebagai imbalan, Toyota ingin mengetahui bagaimana cara Mazda mengembangkan mesin dan sasis yang efisien dan ringan seperti teknologi SkyActive. Keduanya juga sudah saling berbagi fasilitas produksi di Meksiko. Mazda merakit Mazda2, sementara Toyota dengan Scion iA.

Penulis :
Editor : Azwar Ferdian