Mitsubishi Pajero Sport Bisa Dirakit Lokal

Senin, 9 Maret 2015 | 10:40 WIB
Theophilus Chin Dugaan desain terbaru Pajero Sport untuk 2016 mendatang.

Jakarta, KompasOtomotif - Keputusan buat memproduksi secara lokal produk Mitsubishi di Indonesia berada sepenuhnya di bawah Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Informasi ini diungkapkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menjawab pertanyaan apakah Pajero Sport bakal diproduksi lokal di pabrik baru.

Fasilitas perakitan baru di Delta Mas, Bekasi, hasil investasi 600 juta USD dari MMC, punya kapasitas sampai 160.000 unit per tahun. Rencana awal, KTB fokus memproduksi model MPV “Sejuta Umat” hingga 80.000 unit. Tapi, ini artinya baru setengah kapasitas yang aktif, tanda tanya muncul tentang usaha KTB merakit model tambahan di Indonesia.

“Detail baru belum diputuskan, yang jelas pabrik baru untuk small MPV. Ada banyak potensi kapasitas sisa produksi dipilih untuk tambahan model, termasuk Pajero Sport,” ungkap Kosei Tamaki Executive General Managet of MMC Marketing Division KTB, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Hingga saat ini Pajero Sport diimpor utuh dari Thailand dengan bea bebas masuk sesama anggota ASEAN. Meski begitu Tamaki mengatakan, merakit lokal tetap jadi pilihan. Sebelumnya KTB telah mengungkap, All-New Pajero Sport bakal datang ke Indonesia pada awal 2016.

Mungkin yang bisa jadi pertimbangan adalah peraturan baru Kementerian Perindustrian tentang kemudahan impor incompletely knocked down (IKD) untuk kendaraan 4X4 bermesin di atas 1.500cc. Sistem gerak 4X4 merupakan “darah” Mitsubishi sejak awal generasi.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian