Toyota Tahan Kemunculan Suksesor Lexus LFA

Selasa, 10 Februari 2015 | 15:40 WIB
Lexus/Netcarshow Lexus LFA masih belum disiapkan penerusnya.

Detroit, KompasOtomotif - Lexus belum berencana melahirkan model baru yang bakal menjadi suksesor mobil sport LFA dalam waktu dekat. Kepastian ini disampaikan Mark Templin, Wakil Presiden Eksekutif Lexus International di Detroit, Amerika Serikat (AS) dilansir Automotive News (9/2/2015).

"Saya pikir Anda melihat kami akan melakukan sesuatu yang luar biasa di masa depan, tetapi bukan mobil sport seharga 375.000 (Rp 4,7 miliar) dalam waktu dekat. Belum ada rencana suksesor LFA saat ini," jelas Templin.

Templin menjelaskan, Lexus ada rencana untuk menyasar ke segmen premium entry level, tetapi bukan dalam waktu dekat. Saat ini, fokus perusahaan masih pada model dan varian F Sport dan F-series yang sudah ada.

Lexus LFA sampai saat ini masih tercatat sebagai model flagship, dicerminkan dari kemampuan 552 tk tenaga yang dimilikinya. Hanya 500 unit diproduksi dan sudah terjual habis, bahkan sebelum produksi di mulai pada Desember 2010 di Toyota City, Jepang.

"Ketika kami mulai proyek LFA, sebenarnya harganya tidak semahal yang ada. Tadinya, mau diposisikan sebagai kupe keluarga. Kami lantas mulai mengembangkannya dan menjadi lebih baik lagi. Kami mengubah material baja menjadi alumunium, lantas memilih serat karbon. Semuanya terus berubah, sampai menjadi supercar dalam arti sesungguhnya," papar Templin.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Azwar Ferdian