Honda Sebut Suzuki dan Aprilia Bukan Pesaing

Kamis, 5 Februari 2015 | 17:00 WIB
motorcycle Suzuki MotoGP siap tempur tahun ini dengan kekuatan penuh.

Nusa Dua, KompasOtomotif – Kedatangan tim Suzuki dan Aprilia sebagai tim pabrikan di MotoGP musim ini bukan kendala buat Repsol Honda mengejar target juara. Di musim perdananya, kedua tim “baru” itu dianggap hanya sedang uji coba kembali berkompetisi.

Suzuki meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2011. Sebenarnya mereka sudah berencana comeback tahun lalu tapi kemudian mengatakan butuh satu tahun lagi untuk pengujian sepeda motor mereka Suzuki GSX-RR. Tim Suzuki kini diperkuat dua pebalap Spanyol, Aleix Esparago dan Maverick Vinales

AHM Wawancara khusus KompasOtomotif dengan Livio Sappo Team Principal Honda Racing Corporation, di Bali, Minggu (5/2/2014).

“Mereka pergi dari bisnis cukup lama, tapi punya dua pebalap pengalaman Esparago dan Vinales. Saya percaya hasil mereka akan beralasan sejak pertama,” kata Livio Suppo, Team Principal Honda Racing Corporation dalam sesi wawancara dengan KompasOtomotif di Bali, Minggu (1/2/2015).

Sementara itu Suppo mengatakan kondisinya akan lebih sulit buat Aprilia. Lebih dari 10 tahun pabrikan sepeda motor milik Piaggio asal Italia ini tidak menyentuh aspal kompetisi MotoGP sebagai tim pabrikan.

“Mereka tidak balapan di MotoGP sejak lama, sekarang mereka balapan dengan sepeda motor yang berbeda. Mereka tidak punya pengalaman kuat di MotoGP. Setahu saya mereka akan mencoba tahun ini untuk musim tes. Pada dasarnya mereka hanya menguji evolusi superbike mereka. Saya pikir dengan menghormati pengetahuan Aprilia, ini akan sulit untuk mereka,” ungkap Suppo.

Lantas ketika ditanya apakah Suzuki dan Aprilia bakal menjadi pesaing langsung buat Repsol Honda, Suppo menjawab, “dengan rasa hormat pada tim dan pebalap mereka, saya pikir tidak.”

Hasil uji coba pra musim pertama yang dilakukan di Sepang, Malaysia, Rabu (4/2/2014), memang membuktikan ucapan Suppo. Pebalap utama Repsol Honda Marc Marquez berhasil mencatat waktu tercepat, sedangkan pebalap tercepat dari kedua tim, Aleix Espargaro Team Suzuki MotoGP di urutan ke-14 dan Alvaro Bautista Factory Aprilia Gresini (Aprilia) ke-15.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian