Pertarungan Mobil-mobil Super di Geneva

Kamis, 5 Februari 2015 | 09:34 WIB
Leftlanenews Teaser McLaren P1 GTR

Geneva, KompasOtomotif — Salah satu ajang otomotif terbesar di dunia, Geneva Motor Show, akan segera berlangsung. Paling menarik untuk dinantikan adalah meluncurnya deretan mobil sport dan super dari semua pabrikan yang sudah menyiapkan amunisi terbarunya buat Geneva.

Geneva Motor Show akan berlangsung 5-15 Maret mendatang. Beberapa pabrikan mobil sport dunia, seperti Ferrari, McLaren, dan Porsche punya model terbaru untuk ditampilkan, yang menjadikan Geneva bakal menarik buat ditunggu.

Dimulai dengan Ferrari yang memulai debut new 488 GTB. Mobil super dengan mesin tengah tersebut adalah versi penyegaran dari 458 Italia. New 488 GTB akan memperkenalkan perpaduan mesin dengan turbocharged.

Ferrari Model terbaru Ferrari mulai dipasarkan di Genewa Motor Show, Maret 2015 mendatang.
New 488 GTB dipersenjatai mesin V8 3.9-liter, twin-turbocharged sama seperti California T. Mesin ini mampu menghasilkan daya 660 tk dan torsi 560 lb-ft. Daya tersebut lebih besar dibandingkan 458 Italia yang hanya mencapai 562 tk.

Mesin dipadankan dengan tranmisi kopling ganda dan perangkat lunak yang berkapabilitas untuk mengontrol stabilitas. 488 GTB disebutkan akan lebih ringan dibanding 458 untuk mendapatkan capaian akselerasi yang lebih baik.

Belum diketahui harga jual 488 GTB yang baru diumumkan di Geneva nanti. Prediksinya, harga yang ditawarkan tidak akan kurang dari 233.000 dollar AS atau lebih tinggi dibanding harga 458 Italia.

Dilanjutkan dengan Porsche yang akan memperkenalkan Cayman terbaru. Kabarnya, ini adalah versi paling ekstrem dari Cayman yang pernah diproduksi, menggunakan mesin enam silinder segaris berkapasitas 3,8 liter milik 911 Carrera S.

Dengan mesin itu, Cayman mampu menyemburkan daya 385 tk dengan capaian akselerasi 0-100 hanya 4,2 detik, menggunakan sistem penggerak roda belakang dengan transmisi manual enam percepatan sebagai model standar.

Lalu, ada produsen khusus supercar McLaren yang juga tampil di Geneva. McLaren akan meluncurkan 675 LT, sebagai model yang lebih ringan dan lebih cepat dibanding 650 S coupe. LT adalah singkatan dari Long Tail, yang mengartikan bagian belakang lebih panjang seperti supercar McLaren F1.

New 675 LT akan menggunakan mesin yang sama dengan 650 S, yakni V8 3.8 liter, twin-turbocharged. Namun, output mesin yang dihasilkan mencapai 666 tk, lebih besar dibanding 650 S yang hanya 641 tk.

Tak hanya itu, McLaren juga akan melakukan debut dari P1 GTR sebagai awalan sebelum dipamerkan pada ajang New York Auto Show, April mendatang. Selain model-model yang disebutkan di atas, ada juga peluncuran Porsche 911 Turbo and Turbo S, Mercedes AMG-GT, dan Acura NSX.

Penulis :
Editor : Azwar Ferdian