Renault Siapkan Mobil Murah Rp 80 Jutaan

Senin, 12 Januari 2015 | 16:54 WIB
Agung Kurniawan Calon model terbaru Datsun untuk pasar global.

New Delhi, KompasOtomotif - Setelah tiga tahun beroperasi di India, Renault semakin dikenal luas oleh sebagian konsumen melalui SUV kompaknya, Duster. Kini, merek asal Perancis ini berniat masuk ke segmen yang lebih besar, menawarkan mobil kompak dengan banderol murah, tak lebih dari Rp 80,9 juta per unit.

Dilansir Motobeam (12/1/2015), mobil murah ini tengah dikembangkan dengan label konsep XBA. Bagi Renault produk ini akan menjadi model termurah di seluruh dunia. Dengan banderol yang ditawarkan, XBA akan menantang dominasi Maruti Suzuki Wagon R. Selain India, tak menutup kemungkinan mobil murah juga disiapkan untuk negara berkembang lain.

Renault memanfaatkan platform CMF-A hasil pengembangan kolaborasi Renault-Nissan. Agar ongkos produksi lebih terjangkau, Renault akan memaksimalkan pasokan komponen lokal. Sementara mesin akan menggunakan Seri BR berkapasitas 800cc yang masih dalam pengembangan.

Sebagai gambaran, mobil murah ini akan banyak berbagi karakteristik dengan konsep Datsun Redi-GO yang muncul di Delhi Auto Expo, Januari 2014 lalu. Berbeda dengan Nissan yang mendorong merek Datsun, Renault memilih tetap menggunakan merek dagangnya untuk mobil murah ini. Berharap konsumen bisa tetap merasakan atmosfer kemewahan yang melekat pada nama Renault.

Berbeda dengan Datsun yang biasanya terbatas dalam kelengkapan keamanan, Renault dikabarkan akan melengkapi mobil murah ini dengan penguatan struktur bodi, kantong udara, dan rem ABS. Belum dipastikan kapan mobil murah ini akan dilepas ke pasar, tapi setidaknya paling cepat dua tahun lagi (2017).

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Azwar Ferdian