Michelin Rambah Bisnis Sepatu Biker

Senin, 1 Desember 2014 | 12:30 WIB
Michelin/Motorcycle TCX Urban, salah satu model sepatu yang pake sol berteknologi ban Michelin Pilot Road 3.

Xiangyang, KompasOtomotif - Produsen ban asal Perancis, Michelin, menjalin kerja sama dengan perusahaan tekstil China, Jihua di Xiangyang, Provinsi Hubei, China. Mitra ini tercipta untuk membuat sepatu premium, termasuk untuk balap sepeda motor menggunakan sol khusus, dengan ulir layaknya ban.

Michelin berniat mempekerjakan para ahlinya dalam bidang pengembangan kompon karet dan ulir di pabrik Jihua, JV International, untuk menciptakan sol khusus itu. Kedua perusahaan berharap bisa melahap setidaknya 5-10 persen pasar sepatu teknik dalam lima tahun mendatang. Jumlah pangsa pasar itu baru bisa dicapai perusahaan gabungan ini kalau sudah berhasil menjual sekitar 500 juta pasang sepatu.

Lima model pertama yang lahir dari kerja sama ini akan menyasar untuk sepatu pekerja, sepeda gunung, dan sepeda motor. Pabrikan asal Italia, TCX akan memasarkan sepatu sepeda motor dengan sol dari Michelin.

TCX akan menggunakan sol dengan ulir Michelin Pilot Road 3 pada sepatu model X-Cube EVO WP dan X-Square Plus. Sedangkan ulir Anakee 3 akan digunakan pada sepatu biker turing Infinity EVO Gore-Tex.

Teknologi sol yang digunakan pada sepatu ini juga syarat akan kemampuan serupa dengan ban Michelin, seperti mencipakan cengkraman optimal di permukaan licin, ketika hujan.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Aris F. Harvenda