Ini Mobil Terkencang dari Audi

Kamis, 20 November 2014 | 09:54 WIB
Leftlanenews Audi R8 Competition di LA Auto Show

Los Angeles, KompasOtomotif - Memanfaatkan momen di Los Angeles Auto Show 2014, Audi memamerkan R8 Competition sebagai mobil sport jalanan bertenaga besar dan paling kencang yang pernah diproduksi Audi.

R8 edisi Competition ini disematkan mesin yang familiar dengan Lamborghini, yakni V10 berkapasitas 5,2 liter dengan daya mencapai 570 tenaga kuda. Angka tersebut 45 tk lebih besar dibanding R8 V10 model standar.

Bermodalkan spesifikasi mesin masif tersebut, R8 Competition mampu berlari dari 0 ke 100 kpj hanya dalam 3,2 detik, dan kecepatan tertinggi menyentuh angka 320 kpj. Capaian ini  sudah setara dengan mobil super.

"Ini adalah edisi terbatas dan kami namakan Audi R8 Competition. Kecepatannya hampir mendekati mobil balap kami R8 LMS Ultra, tapi bisa digunakan di jalanan umum di seluruh dunia," jelas presiden Audi of America, Scott Keogh, seperti dilansir Leftlanenews, Kamis (20/11/2014).

Terbatas
Disebutkan edisi terbatas, pabrikan asal Jerman tersebut memang hanya menyediakan 60 unit saja. Secara eksklusif ditawarakan dengan transmisi otomatis Audi 7-speed dengan kopling ganda. Ada juga pilihan mode transmisi manual yang bisa diatur oleh pengendara.

Selain revisi pada mesin, R8 Competition juga mengalami perubahan pada desain yang kini lebih banyak menggunakan bahan karbon. Perubahan itu ada pada spoiler belakang, kap mesin, penutup spion, spoiler depan dan diffuser belakang. Warna terlihat kontras dengan pemakaian pelek berwarna hitam gloss, serta rem keramik dengan kaliper merah.

Penulis : Azwar Ferdian
Editor : Aris F. Harvenda