Xenia Digeser Mobilio, Daihatsu Tak Masalah

Rabu, 19 November 2014 | 11:30 WIB
tribun news Daihatsu Xenia Indigo

Bogor, KompasOtomotif – Persaingan penjualan mobil di segmen low MPV 7-seater bergerak dinamis sejak hadirnya Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Chevrolet Spin. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan Xenia tidak merasa khawatir, bahkan setelah posisinya digeser Mobilio.

Dari data penjualan yang dirilis Gaikindo, Xenia saat ini berada di posisi ketiga setelah Avanza dan Mobilio. Praktis kini Xenia ”bermain” bersama Suzuki Ertiga. Keduanya saling mengejar, dan Xenia mulai berhasil kembali merebut posisi ketiga yang sempat direbut Ertiga.

”Tahun ini yang perlu diberi perhatian memang Honda, karena mereka bisa menaikkan marketshare-nya. Mobilio attack Xenia dan Avanza, lalu kami (Xenia) akhirnya menjadi nomor tiga, itu tidak masalah, dan kami masih girang,” tegas Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra, di Bogor, (18/11/2014).

Nomor dua
Saat ini, yang dilakukan ADM adalah mempertahankan posisi penjualan keseluruhan nomor dua secara nasional. Meski Xenia mulai ”babak belur”, Amelia mengaku beruntung punya Ayla yang sanggup mendongkrak penjualan, terutama memenuhi pasar mobil kompak yang terus meningkat.

”Tahun depan, kami masih berharap bisa mendapatkan 15 persen pasar mobil nasional, seperti target tahun ini. Itu pun sudah tantangan luar biasa untuk Daihatsu. Kami tidak muluk-muluk, hanya ingin menjadi nomor dua. Karena secara logika tidak mungkin menjadi nomor 1,” tukas Amelia.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian