Mobil Hidrogen Honda Siap Dipasarkan pada 2016

Selasa, 18 November 2014 | 08:20 WIB
Worldcarfans Honda FCV Concept lahir 2016.

Tokyo, KompasOtomotif — Senin (17/11/2014), Honda memperkenalkan prototipe Fuel Cell Vehicle/FCV) di Jepang. Rencananya unit FCV siap jual pada 2016.

Teknologi hidrogen Honda sebagai sistem penggerak yang digunakan pada mobil merepresentasikan evolusi dari konsep Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) yang sudah diperkenalkan tahun lalu di Los Angeles Auto Show.

Honda juga mengungkapkan, FCV akan berperan sebagai penerus model konsep lawas Fuel Cell eXperimental (FCX) Clarity yang pernah muncul di Los Angeles Auto Show 2007. Sejak saat itu pengembangan teknologi terus dilakukan, terutama untuk meringkas ukuran baterai, tetapi tanpa memangkas daya.

Hasilnya, baterai pada FCV diklaim lebih ringan 33 persen dibanding milik FCX Clarity dan tenaga yang dihasilkan setara dengan 134 tk. Secara keseluruhan, performa meningkat 60 persen.

FCV kini dilengkapi tabung bertekanan 70 Mpa atau 10.000 psi, kelebihannya mampu menyimpan lebih banyak hidrogen. Honda mengatakan, FCV sanggup berjalan hingga 700 km sekali menghabiskan isi tabung. Pengisian ulang sangat cepat, hingga tabung penuh hanya butuh tiga menit.

Ide baru, Honda mengembangkan kemampuan FCV sebagai sumber energi berjalan. Menggunakan perangkat tambahan, FCV bisa diubah menjadi penyedia sumber listrik kapan saja bila dibutuhkan.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Aris F. Harvenda