Volkswagen Kejar Predikat Pabrikan Terbesar

Senin, 10 November 2014 | 14:15 WIB
Febri Ardani Logo Volkswagen Golf GTI

Wolfsburg, KompasOtomotif – Cita-cita Volkswagen Group mengejar predikat sebagai perusahaan otomotif terbesar di dunia sudah sampai di depan mata. Raksasa Jerman ini membukukan keuntungan di atas prediksi pada bulan kesembilan 2014. Bila dihitung pendapatan tanpa bunga dan pajak, pendapatan mereka bertumbuh 16 persen menjadi 3,23 miliar euro atau sekitar Rp 48 triliun.

Ketertarikan konsumen di Eropa dan China pada merek Audi dan Porsche mencetak lonjakan 10 dan 13 persen pada masing-masing merek dari Januari – September 2014 dibanding tahun sebelumnya. Sementara itu keuntungan Skoda juga meningkat 76 persen sebab penjualan merek berbasis di Ceko ini meninggi 13 persen dalam periode yang sama.

Setelah bertahun-tahun selalu berada di bayang-bayang Toyota sebagai perusahaan otomotif terbesar di dunia, Volkswagen kini fokus mempertahankan keuntungan mereka untuk menghadapi pengetatan regulasi emisi bahan bakar dan mengembangkan teknologi.

Automotive News mengatakan VW Group kemungkinan besar sudah mencapai total penjualan 10 juta unit di seluruh dunia tahun ini, lebih cepat empat tahun dibanding proyeksi perusahaan sebelumnya.  

“Kita telah menunjukan performa solid year to date. Meski begitu kita harus terus fokus meletakkan pondasi yang kuat yang membuat kita bisa merespons tantangan industri,” ucap VW Group CEO Martin Winterkorn, seperti diberitakan Carscoops, Senin (10/11/2014).

Rencana besar Winterkorn ingin memangkas biaya produksi dan meningkatkan produksi seluruh merek mobil penumpang di bawah VW Group hingga mendapatkan keuntungan 5 miliar euro dalam empat tahun ke depan.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Aris F. Harvenda