Daftar Motor yang Layak Ditunggu di EICMA

Senin, 3 November 2014 | 12:40 WIB
motorcycle Kawasaki Ninja H2 akan menjadi salah satu sepeda motor yang paling ditunggu di EICMA 2014.

Milan, KompasOtomotif – Setelah Intermot, di Cologne, Jerman, salah satu pameran sepeda motor paling ditunggu publik dunia adalah EICMA, di Milan, yang mulai digeber 4 November 2014. Sederet tunggangan baru menanti perhatian, muncul dari berbagai pabrikan dunia, Eropa sampai Asia.

Dari sekian banyak sepeda motor yang akan muncul, beberapa layak ditunggu. KompasOtomotif coba merangkum beberapa, model-model yang sebelum meluncur sudah punya gaung cukup besar dalam beberapa hari terakhir. Berikut rangkumannya:

1. Kawasaki Ninja H2
. Inilah sepeda motor yang punya gaung terbesar dalam beberapa pekan lalu. Versi khusus sirkuit sudah muncul di Intermot, dikenal sebagai H2R. Kini giliran versi legal jalanan yang akan menggoda. Dengan mesin supercharge yang dirumorkan punya tenaga 250 tk akan melibas semua sepeda motor jalanan di dunia.

motorcycle Ducati Mutistrada dengan mesin DVT sedang dites secara internal.

2. Yamaha R1. Hingga saat ini, Yamaha menyimpan erat informasinya. Namun di Amerika Serikat, sudah muncul dokumen pematenan untuk R1M dan R1S, yang menandakan bakal muncul dalam beberapa varian. Beberapa teaser menyebut sepeda motor ini menggunakan crossplane-crankshaft four dan beberapa peranti elektronik yang dijanjikan bakal lebih galak.

3. Ducati Panigale 1299. Ini cukup mengejutkan, saat beberapa orang di dealer Ducati di Motocorsa menampilkan foto dengan backdrop Panigale 1299. Ini mungkin akan menjadi Panigale terbesar yang akan punya tenaga dan torsi lebih ciamik. Belum diketahui, akan diletakkan di segmen mana, namun ada kemungkinan diletakkan sebagai sepeda motor balap.

4. BMW S1000XR. Produsen Jerman ini akan memberikan pilihan baru untuk mesin 999cc 4-silinder segaris. S1000R yang saat ini beredar sebagai sepeda motor jalanan atau sirkuit bakal punya tipe adventure. Tongkrongan-nya ditinggikan, mulai setang, jok, sampai suspensi. Terdapat tambahan bagasi yang menguatkan image sebagai sepeda motor petualangan.

motorcycle Yamaha FJ09 sebagai variasi pilihan dari mesin 3 silinder MT-09.

5. Triumph Tiger 800. Model ini akan mendapat perubahan signifikan untuk 2015. Akan ada empat varian, XCA, XCX, XRT, dan XRX. Semua tipe bisa dipilih untuk memberikan fokus pengendalian, konsentrasi di jalan off-road atau on-road.

6. Ducati Multistrada DVT. Sepeda motor ini juga bikin penasaran, terutama karena mesin barunya yang menggunakan teknologi bukaan katup bervariasi. Produsen asal Italia ini menyebutnya dengan DVT atau Desmodromic Variable Timing. Dengan begitu, tenaga dan torsi diklaim naik cukup besar.

7. Yamaha FJ-09. Inilah versi touring-adventure dari model FZ-09 atau MT-09 yang bermesin tiga silinder 847cc. Dengan posisi lebih tinggi, tambahan fairing, dan spesifikasi khusus lainnya, sepeda motor ini akan menjadi pilihan untuk penyuka kendaraan petualang namun dengan mesin yang tak terlalu besar.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian