Mengejar Audio Kabin Avanza Mendekati Bioskop

Sabtu, 1 November 2014 | 13:15 WIB
Istimewa Pemasangan head unit di Toyota Avanza

Bangkok, KompasOtomotif - Sedikit demi sedikit Avanza milik Eka Martiningsih mulai berubah menjadi mobil impian. Setelah mengubah kaki-kaki dan eksterior kini sektor paling akrab dengan penumpang pun mulai dibenahi.

Kabin Avanza muat 7-penumpang, mobil Eka tidak hanya digunakan untuk anggota keluarga tapi juga sering membawa orang tua jalan-jalan. Suami Eka, Wibowo Utomo yang mengerjakan perubahan Avanza mengatakan bapak mertuanya punya hobi mendengarkan musik. Kegemaran itu pun menurun ke anak perempuannya, jadi kebutuhan sistem audio bagus sudah pasti masuk perhitungan.

"Mereka ingin suara musik yang enak di dengar. Awalnya saya pilih paket standar, ternyata kurang oke. Anak saya protes suaranya kurang, tidak seperti di bioskop. Akhirnya saya korbankan dana untuk jok kulit dan karpet ke audio agar dapat paket yang lumayan," jelas Wibowo, Kamis (30/10/2014).

Kini suara audio mobil lebih yahud sebab headunit diganti dengan produk aftermarket ternama, kemudian ditambah penggantian speaker depan dan tambahan subwoofer. Untuk memaksimalkan tenaga, dilengkapi power amplifier empat saluran agar distribusi suara tidak kendor.

Selain itu dua monitor headrest memanjakan penumpang baris kedua dan ketiga. Wibowo mengungkapkan dana yang digunakan untuk sistem audio mencapai 50 persen dari hadiah yang dimenangkan di lomba Avanza Pop You Up. "Hasilnya anak saya tersenyum senang dan tidak ada keluhan dari mertua," tutup Wibowo.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian