Honda Tunda Peluncuran HR-V di AS

Selasa, 28 Oktober 2014 | 08:36 WIB
Worldcarfans Honda HR-V di Paris Motor Show 2014

Los Angeles, KompasOtomotif - Honda mengumumkan akan menunda peluncuran model terbaru, HR-V, di pasar otomotif Amerika Serikat. Awalnya dijadwalkan akhir 2014 namun diubah menjadi tahun depan.

Penundaan tersebut dikarenakan kapasitas produksi yang sudah terlalu penuh di pabrik perakitan Celaya, Meksiko. Honda Meksiko menghadapi masalah tingginya permintaan Jazz, hingga menaikkan volume produksi. HR-V pun harus dipinggirkan lebih dulu demi memenuhi kuota Jazz.

Ragam masalah
Selain itu ada juga masalah keterbatasan pekerja di fasilitas perakitan Celaya. Pabrik ini mayoritas masih mengandalkan tenaga manusia daripada robot seperti pabrik di Jepang. Banyaknya produsen lain yang mendirikan pabrik di Meksiko, membuat Honda kekurangan tenaga pekerja berpengalaman.

Masalah lain yang dihadapi adalah proses pengiriman dari Meksiko ke AS. Selama ini pengiriman menggunakan moda transportasi kereta api yang dianggap memakan banyak waktu. Honda Meksiko dan AS sedang berbicara untuk mencari solusi masalah ini. Honda Meksiko meminta waktu sampai pertengahan 2015 untuk bisa menuntaskan semua permintaan HR-V di AS.

Penulis : Azwar Ferdian
Editor : Aris F. Harvenda