MV Agusta Resmikan Brutale 800 RR

Kamis, 23 Oktober 2014 | 15:00 WIB
motorcycle MV Agusta Brutale 800 RR siap meluncur di EICMA 2014.

Varese, KompasOtomotif – MV Agusta tak lagi ”main rahasia-rahasiaan” untuk produk andalan yang bakal muncul di pameran EICMA, Milan, mulai 4 November 2014 mendatang. Masa-masa teaser sudah selesai, kini produsen sepeda motor eksklusif asal Italia itu memunculkan spesifikasi dan foto lengkap Brutale 800 RR yang akan mendampingi kelahiran Dragster RR.

Paling kentara adalah performa mesin dengan kekuatan yang bertambah. Jantung pacu tiga silinder 798cc itu diklaim sanggup menyemburkan tenaga hingga 138 tk @13.100 rpm dan torsi puncak mencapai 85,9 Nm @10.100 rpm. Kekuatan itu didapat dari airbox yang didesain ulang dan adanya injektor kedua untuk masing-masing silinder.

motorcycle Diklaim performanya lebih baik ketimbang tipe Brutale 800 standar.

Bentuk di dalam tangki juga didesain ulang, meninggalkan bentuk yang identik dengan lekukan di luar. Ada tambahan penjaga kekencangan rantai (chain tensioner) hidrolik untuk mereduksi suara berisik dan performa. Sistem dan bentuk cranckshaft dan tramsisi 6-percepatan masih sama.

Peranti elektronik
Tentu, peranti elektronik akan mendampingi pengendara untuk mengoptimalkan ”rasa” sepeda motor. Seperti pengendalian ride by wire dari MV Agusta dengan tiga mode berkendara sesuai kebutuhan. Ada mode tambahan (ke-4) yang membuat rider bebas menyetel galaknya mesin, limiter rpm, torsi, sampai sensitivitas handel gas dan pengereman.

motorcycle Dilengkapi peranti elektronik yang semakin canggih.

Transmisi berteknologi electronically-assisted quickshifter yang membuatnya enteng, halus, dan responsif saat memindah gigi. Slipper clutch membuat perpindahan gigi Brutale 800RR akan menyesuaikan dengan putaran mesin untuk menjaga keamanan. Delapan setelan kontrol traksi siap memanjakan rider.

Rangka sama dengan Brutale 800 reguler, begitu juga suspensi depan model upside down dari Marzocchi yang bisa disetel. Suspensi belakang dipasok oleh Sachs. Sama dengan Dragster RR, Brutale 800 RR memakai cakram ganda di depan dengan kaliper 4-piston dari Brembo.

MV agusta hanya memproduksi tipe ini dengan dua opsi warna, Pearl Shock Red dan Pearl Ice White dengan rangka trellis hitam atau Metallic Avio Grey dan Carbon Metallic Black dengan rangka merah. Harga untuk pasar Eropa mencapai 13.980 Euro atau setara Rp 212,5 juta.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Aris F. Harvenda