70 Tahun Evolusi Batmobile

Sabtu, 18 Oktober 2014 | 15:00 WIB
Inautonews Batmobile 2010

Los Angeles, KompasOtomotif — Superhero Batman menjadi tokoh pahlawan yang paling humanistis tanpa kemampuan super layaknya Superman yang bisa terbang atau Spiderman yang bisa mengeluarkan jaring laba-laba.

Batman identik dengan mobil keren sebagai kendaraan andalan dalam beraksi. Logo Bat dan Batmobile yang terkenal telah mengalami banyak perubahan selama 70 tahun perjalanan Batman.

Sesuai perkembangan zaman, Batmobile mengalami perubahan untuk memenuhi kebutuhan momen, dan juga berkembang menjadi kontemporer atau futuristik. Di antara inkarnasi pertama Batmobile, pertama kali muncul pada 1941 di Detective Comics #48. Batmobile hanya menampilkan logo kelelawar emas kecil di depan, dengan mobil Cord Roadster.

Raja kustomisasi, George Barris, pernah membuat salah satu Batmobile paling dikenal yang digunakan dalam serial televisi pada 1966. Mobil itu dirancang dari Lincoln Futura menjadi satu unit Batmobile canggih pada masanya.

Inautonews Batmobile 1966
Pada 1989 mobil Batman kembali mengalami perubahan, tetapi kali ini ubahan dilakukan setelah mengumpulkan masukan dari penggemar setia. Hasilnya, Batmobile muncul dengan karakter yang lebih gelap melengkapi karakter Batman yang hitam.

Inautonews Batmobile 2015
Lalu pada era Christian Bale sebagai pemeran Batman, Batmobile muncul dengan karakter yang lebih gagah. Sekarang, semua penggemar Batman menunggu tahun 2016 untuk melihat inovasi baru pada film Batman vs Superman: Dawn of Justice, yang juga membawa Batmobile baru.

Penulis :
Editor : Azwar Ferdian