Intip Kinerja ABS dari BOSCH di IMoS 2014

Rabu, 15 Oktober 2014 | 20:00 WIB
motorcycle Peranti ABS dari Bosch yang bakal disematkan untuk semua MV Agusta bermesin 3 silinder.

Jakarta, KompasOtomotif – Kinerja Anti-Lock Braking System atau biasa disingkat ABS, peranti yang berperan mencegah menguncinya ban saat direm mendadak, akan dikupas lebih detail di Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014, pada dua hari pertama pameran (29-30 Oktober 2014), di JCC, Senayan.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dan PT Amara Pameran Indonesia (API) berhasil menggandeng BOSCH, salah satu produsen ABS kelas dunia untuk menampilkan teknologi pencegahan rem mengunci kepada pengunjung.

Di Eropa, ABS adalah hal wajib untuk sepeda motor dengan kapasitas 125cc ke atas. BOSCH menjadi salah satu pemasok utama, dipasang pada merek-merek ternama dengan jenis sepeda motor unggulan.

Ketua AISI Gunadi Sindhuwinata dalam konferensi pers IMoS 2014, (15/10/2014), di FX Sudirman, mengatakan bahwa ABS adalah tren baru. Beberapa merek sudah menjualnya satu paket dengan sepeda motor tipe tertentu untuk menambah unsur keamanan.

”Mungkin di Indonesia belum saatnya menjadi tren. Tapi apa salahnya kita tahu, bahwa ABS bisa menunjang keselamatan berkendara, bagaimana fungsi dan kinerjanya. Ini akan menjadi hal yang menarik di IMoS 2014,” ujar Gunadi.

Demonstrasi kinerja peranti ini akan dilakukan di area outdorr JCC, Senayan. Aksi dari BOSCH diandalkan sebagai salah satu magnet pengunjung, sekaligus menyelaraskan tema pameran yang menitikberatkan pada teknologi dan sikap berkendara.

Penulis :
Editor : Donny Apriliananda