Ini Pestanya "Builder", Pecinta Seni, dan Budaya Kustom

Sabtu, 11 Oktober 2014 | 14:04 WIB
KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kustomfest 2014 bisa menjadi ajang penting penarik wisatawan mancanegara.

Yogyakarta, KompasOtomotif - Festival budaya kustom terbesar di Indonesia, Kustomfest, kembali digeber untuk ketiga kalinya di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta. Ajang tahunan ini digeber selama dua hari, 11-12 Oktober 2014, menampilkan ratusan karya kustom terbaik di Indonesia.

Inilah ajang para builder untuk menunjukkan karya-karya terbaik mereka. Beberapa kontes dan pertunjukan karya kustom terbaik digas, mulai Hot Rod & Kustom Airkooled, Kustom Bike Show, Kustom Paint Battle, Diecast Show & Contest, dan juga dua kompetisi khusus Kustomfest 2014 yaitu: Cleveland CycleWerks Kustomfest 2014 Bike Build Off dan Zeneos Cole Foster Challenge.

"Kustomfest sudah menjadi kiblat penggiat kustom di Indonesia, bahkan luar negeri. Kami tidak mengejar banyak peserta. Cukup 250-an karya kustom sudah sangat layak. Terpenting adalah semu yang tampil adalah karya terbaik yang sudah diseleksi," jelas Lulut Wahyudi, Director Kustomfest, Sabtu (11/10/2014).

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Deretan sepeda motor kustom yang dipajang di Kustomfest 2014 di Yogyakarta.
Arena festival akan menampilkan karya-karya kontestan terpilih, terdiri dari 40 mobil kustom, 250 sepeda motor kustom, 120 vendor booth, dan dimeriahkan dengan dua stage area di indoor dan outdoor arena.

Kelas dunia
Kehadiran bintang tamu internasional menjadikan Kustomfest menjadi gerbang bagi dunia untuk melihat dan mengenal dinamika budaya kustom di Indonesia.

Mereka yang datang adalah builder kelas dunia macam Cole Foster - Salinas Boys, Roland Sands - RSD, Yuichi Yoshizawa - Custom Works Zon, Shige Suganuma - Mooneyes inc, Hiro "Wildman" Ishii, Geoff Baldwin - Tank Moto, Fred Bagur- Wild Motorcycles dan Ultra VW.

Seperti biasa, pengunjung yang membeli tiket masuk Rp 25.000 akan berkesempatan memenangkan satu unit Hot Rod yang dinamai "Cakil". Mobil modifikasi karya Lulut Wahyudi ini disiapkan khusus untuk memberi apresiasi para pengunjung.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian