Ini Mobil Konsep Hibrida Terbaru Kia

Selasa, 30 September 2014 | 11:20 WIB
Inautonews Kia Optima T-Hybrid tampil di Paris Motor Show 2014

Paris, KompasOtomotif - Kia tampil serius di ajang Paris Motor Show 2014 dengan menampilkan model konsep terbaru, Optima T-Hybrid. Ini adalah model masa depan yang diklaim memiliki banyak keunggulan.

Kia Optima T-Hybrid punya electric supercharger untuk mendukung mesin CRDi. Dengan teknologi tersebut, tenaga dan torsi mobil bisa bertambah besar. Estimasinya, tenaga dari mesin hibrida ini bisa naik 15 sampai 20 persen dibanding model konvensional, sekaligus mereduksi emisi CO2 dan pemakaian bahan bakar yang lebih irit.

Sedikit bocoran, jantung pacu mengusung mesin diesel CRDi berkapasitas 1,7 liter, yang dipadukan dengan motor listrik berukuran kecil serta baterai dengan daya 48 volt.

Kelebihannya, mobil bisa berjalan dengan menggunakan tenaga listrik saja pada kecepatan rendah. Selain itu pada saat deselerasi (pengurangan kecepatan), ada energi yang digunakan untuk mengisi ulang baterai.

Kia belum memberikan spesifikasi performa lengkap pada konsep Optima T-Hybrid ini. Detail lebihnya baru akan diumumkan saat pembukaan Paris Motor Show 2014, yang resmi digelar 2 Oktober mendatang.

Penulis : Azwar Ferdian
Editor : Aris F. Harvenda