Model Baru Tata Meluncur 2015

Minggu, 28 September 2014 | 14:21 WIB
Kompas.com-Koko Penampilan Tata Bolt di Delhi Auto Expo 2014

Jakarta, KompasOtomotif – Model baru Tata, Bolt, yang sudah diluncurkan pada Delhi Auto Expo di India, Februari lalu, juga akan meluncur di Indonesia. Tata Motors Distribusi Indonesia (TDMI) mengatakan, hatchback kerabat Vista tersebut akan diuji di jalan-jalan Tanah Air sebelum diperkenalkan pada IIMS 2015.

Informasi ini lanjutan dari keterangan Presiden Direktur TDMI Biswadev Sengupta, yang sempat KompasOtomotif kutip saat bertemu di Delhi Auto Expo. Ia menyebutkan Bolt setidaknya akan dipasarkan di India lebih dulu selama enam bulan, lalu akan diuji dan dipasarkan di Indonesia. Meski punya karakteristik yang mirip, masih perlu ada penyesuaian terutama bahan bakar.

“Kami sedang mengurus semuanya, termasuk perizinan dan dokumen. Jadi mungkin tahun depan sudah bisa kita pamerkan,” ujar Biswadev, saat konferensi pers di stan outdoor Tata Motors pada IIMS 2014, Sabtu (28/9/2014).

Sementara itu Kepala Pemasaran dan Penjualan Manoj Arora menjelaskan, Bolt memiliki fitur yang sama dengan Vista, termasuk kantong udara ganda dan sistem pengereman ABS dan EBD. Menggunakan mesin 1.2L Revotron turbocharger dan punya kelengkapan transmisi matik.

Meski beda konsep sistem mesin, Manoj menjelaskan Bolt bersaing dengan Honda Brio. Dengan begitu pula, akan kompetitif bersama Toyota Etios, Daihatsu Sirion, Kia Picanto, Mitsubishi Mirage, dan Suzuki Splash. 

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Aris F. Harvenda