Peugeot RCZ Tak Punya Penerus

Sabtu, 13 September 2014 | 15:20 WIB
Agung Kurniawan Peugeot RCZ

Paris, KompasOtomotif - Rencana PSA Peugeot-Citroen memperluas jajaran mobil sport mereka di masa depan ternyata berdampak buruk bagi Peugeot RCZ. Sedan kompak berperforma tinggi ini tak akan punya penerus. Bahkan kemungkinan model yang beredar sekarang akan dibiarkan menua sampai akhir hidupnya.

Hal ini terindikasi dari pernyataan CEO PSA Peugeot-Citroen Carlos Tavares yang mnyentil sisa waktu RCZ untuk beredar. "Merek kami butuh mobil sport, tapi lebih sporty dari model yang ada sekarang. RCZ masih punya sedikit waktu berjalan,” katanya kepada AutoExpress, Jumat (12/9/2014).

Pertama kali muncul dalam wujud konsep 308 RCZ di Frankfurt Motor Show 2009, model produksi akhirnya meluncur pada April 2010 dengan nama RCZ. Sangat disayangkan model ini tak masuk dalam strategi Tavarez, padahal sudah sukses dipasarkan di 80 negara, termasuk Indonesia.

Sejak hengkang dari Renault pada Agustus 2013 lalu, Tavares mulai merombak pelan-pelan merek kongsi asal Prancis ini. Berbagai strategi sudah mulai berjalan, sekarang salah satu yang ingin ia lakukan membuat merek yang ada di bawah kendalinya terjun lebih jauh di ajang balap dunia.

"Citroen sudah diberkati untuk masuk reli dan WTCC, saya pikir kami akan menang di WTCC. Kami juga akan kembali di Dakar tahun depan dengan Peugeot,” ujarnya lagi.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Donny Apriliananda