Paus Francis Keliling Korsel Naik Kia Soul

Jumat, 15 Agustus 2014 | 07:40 WIB
Autoevolution Paus Francis duduk di kursi belakang Kia Soul

Seoul, KompasOtomotif - Pemimpin umat Katolik di dunia, Paus Francis, terkenal sebagai sosok yang sederhana. Sifat positif tersebut juga sampai menyentuh pada pilihan kendaraan yang ditumpanginya saat berpergian.

Kali ini, Paus Francis mengunjungi Korea Selatan, sebagai salah satu agenda perjalanan ke benua Asia. Ini menjadi kunjungan pertama pemimpin umat Katolik ke Korsel dalam 25 tahun terakhir. Menariknya, Paus Francis memilih Kia Soul sebagai mobil yang membawanya jalan-jalan di ibu kota Korsel, Seoul.

Soul adalah hatchback andalan pabrikan asal negeri Ginseng tersebut. Meski punya kesempatan buat meminta kendaraan yang lebih mewah, atau setidaknya lebih aman seperti SUV (Sport Utility Vehicle) Mercedes-Benz yang anti peluru, Paus tetap menunjuk Soul, sekaligus menghormati hasil karya lokal Korsel.

Paus Francis terlihat nyaman duduk di kursi belakang Soul. Padahal, mobil kecil tersebut tidak dimodifikasi dengan tambahan proteksi. Paus malah membuka lebar kaca belakang, untuk bisa melihat langsung situasi kehidupan di Seoul.

Bagi Kia, ini adalah kebanggaan tersendiri setelah salah satu model andalannya dipilih Paus Francis. Kia sendiri punya line-up yang lebih mewah seperti sedan K900 atau bernama K9 di Korsel, yang bisa digunakan untuk membawa tamu penting seperti Paus.

Penulis : Azwar Ferdian
Editor : Aris F. Harvenda