Militer AS Ternyata Penggemar Ford

Senin, 7 Juli 2014 | 09:00 WIB
Carscoop Ford menjadi merek paling digemari militer AS.

Dearborn, KompasOtomotif - Jeep punya sejarah panjang di dunia militer Amerika Serikat, karena Wilys pernah menjadi salah satu kendaraan operasional tentara di era 1941-1945. Ternyata, kala itu mobil legendaris tersebut diproduksi perusahaan Wilys & Ford Motor Company dan sejarah itu melekat sampai saat ini.

Menurut penelitian yang dilakukan IHS Automotive, dari data registrasi kendaraan bermotor yang dikeluarkan Polk di Amerika Serikat, ternyata mayoritas anggota militer, keluarga (militer), atau veteran perang memilih Ford sebagai mobil mereka.

Merek berlambang oval biru ini kerap menjadi pilihan utama, berdasarkan survei tidak kurang dari 19,3 juta jiwa dari anggota militer, keluarga, atau veteran perang di seluruh AS. Ada tiga model favorit yang dipilih, yaitu pikap F-150, Escape (SUV), dan Fusion (sedan). Ketiga mobil itu masuk dalam daftar mobil terlaris di AS, secara berurutan F-150 pertama, Escape ketiga, dan Fusion kesembilan.

"Keluarga militer, secara khusus, menginginkan kendaraan yang bisa menawarkan efisiensi, kemampuan dan teknologi pintar yang ditawarkan. Ford juga punya sejarah panjang menyokong kegiatan aktif personel militer, veteran, dan menjadi kebanggaan bagi mereka (keluarga militer) untuk lebih memilih Ford dari merek lain," papar Jim Farley, Wakil Presiden Eksekutif Ford, dilansir Carscoop (6/7/2014).

Dari seluruh survei 19,3 juta jiwa yang diwawancarai, 920.000 unit mobil, baik baru dan bekas terdaftar pada 2013 saja.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Aris F. Harvenda